Menaker Lempar ke Ridwan Kamil soal Kenaikan UMP 2021 di Jabar

Kamis, 19 November 2020 20:54 Reporter : Adi Nugroho
Menaker Lempar ke Ridwan Kamil soal Kenaikan UMP 2021 di Jabar Menaker Ida Fauziyah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah mengatakan keputusan upah minimum tahun 2021 di Kota Bekasi akan ditentukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hasil kesepakatan dewan pengupahan kota (depeko) disepakati UMK naik 4,21 persen.

"Saya kira untuk kenaikan UMK Kota Bekasi 2021 itu domainnya lebih ke Gubernur Jawa Barat," kata Ika di Bekasi pada Kamis, (19/11).

Sebelumnya Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada kepala daerah di Indonesia. Surat edaran tersebut menyiratkan supaya upah minimum tahun depan tidak naik. Di Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil telah memutuskan bahwa UMP tidak naik yaitu Rp1,8 juta.

Sementara itu, tingkat Kota Bekasi, hasil rapat dewan pengupahan menyepakati nilai UMK tahun 2021 naik 4,21 persen menjadi Rp4,78 juta. Nilai ini naik dari upah tahun 2020 sebesar Rp4,58 juta. Tapi, ini baru sebatas rekomendasi kepada Gubernur Jawa Barat.

"Saya kira nanti gubernur akan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti keberlangsungan usaha, perlindungan pengupahan kepada pekerjanya dan lain lain," kata Ida. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini