Menagih janji Jokowi ungkap dalang pembunuhan Munir

Kamis, 30 Agustus 2018 05:23 Reporter : Merdeka
Menagih janji Jokowi ungkap dalang pembunuhan Munir Surat Munir untuk Presiden. ©2017 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menagih janji pemerintah untuk mengungkap dalang atau aktor utama di balik pembunuhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Munir. Hal ini menjelang 14 tahun meninggalnya Munir pada 7 September mendatang.

Wakil Koordinator Bidang Advokasi KontraS, Putri Kanesia mengatakan bahwa baik pemerintah SBY hingga Presiden Jokowi selalu berjanji akan menyelesaikan kasus tersebut. Namun, hingga kini dalang pembunuhan Munir belum juga terungkap.

"Kalau kami tentunya tetap sama soal bagaimana janji pemerintah terkait pengungkapan kasus Munir. Ketika presiden berganti juga bikin statement tentang kasus Munir, tapi belum ada follow up nya seperti apa," ujar Putri di Kantor KontraS, Jakarta Pusat, Rabu (29/8).

Selain KontraS, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) juga meminta pemerintah menuntaskan kasus pembunuhan Munir. Presiden Jokowi diminta tegas dalam menyelesaikan kasus ini.

"Seharusnya (Presiden Jokowi) itu bukan sekadar kehendak dalam lisan tapi juga tegas dalam tindakan. Buktikan komitmennya mengungkap kasusnya," ucap Ketua Bidang Advokasi YLBHI Muhammad Isnur di lokasi.

Menurut dia, Jokowi dapat memerintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Jaksa Agung HM Prasetyo untuk mengusut nama-nama yang ada di persidangan, salah satunya mantan Deputi V BIN Muchdi PR. Hal ini untuk memastikan keterlibatannya dalam pembunuhan pendekar HAM Munir tersebut.

"Pak Jokowi punya wewenang itu dan menurut saya jadi (Presiden Jokowi) jangan bersembunyi di balik keterbatasan," tandasnya.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini