Menag Yaqut Tutup Penyelenggaraan Haji 2022, Jemaah Wafat 90 Orang

Kamis, 18 Agustus 2022 17:43 Reporter : Merdeka
Menag Yaqut Tutup Penyelenggaraan Haji 2022, Jemaah Wafat 90 Orang Menag Yaqut Cholil Qoumas Kembali ke Tanah Air. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi mengakhiri operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah atau 2022 Masehi. Yaqut mengucapkan terima kasih kepada sejumlah instansi yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah tersebut, termasuk Kementerian luar Negeri Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kepolisian, TNI, Kedutaan Besar Arab Saudi, dan lain-lain.

"Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 hijriah 2022 Masehi saya nyatakan selesai," kata Yaqut dalam konferensi pers di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Kamis (18/8).

Yaqut mengatakan, jemaah yang wafat dalam misi haji tahun ini tercatat lebih kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebanyak 90 jemaah haji wafat dan 8 masih dalam perawatan di Tanah Suci.

"Update per saat ini 90 jemaah haji wafat. Dan masih tertinggal 8 jemaah haji yang dirawat di sana dan sebentar lagi juga akan kembali ke tanah air," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Yandri Susanto mengatakan akan mengawal langsung proses ibadah haji tahun depan. Yandri sebelumnya diketahui menjabat sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI. Dia telah mempersiapkan tiga kali musim haji, dua di antaranya gagal diberangkatkan. Yakni pada musim haji tahun 2020 dan 2021.

"Saya tetap akan mengawal proses persiapan haji tahun depan. Karena saya sudah tahu A-Z, bagaimana peluang dan tantangan yang harus dihadapi," kata Yandri.

Reporter Magang: Michelle Kurniawan [gil]

Baca juga:
Khutbah Wukuf Arafah: Haji Akbar dan Modernisasi Beragama dari Tanah Suci
Evaluasi Layanan Gelombang Kedua di Madinah: Lift Terbatas hingga Temuan Sayur Rusak
Tiga masih Dirawat, 167 Jemaah Kloter Terakhir Embarkasi Makassar telah Tiba
Berakhir Hari Ini, Operasional Haji 2022 Berjalan Baik dan Lancar
Sekjen Kemenag Lega Jemaah Sebut Layanan Haji 2022 Bagus

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini