Menag Lukman Hakim Akan Pimpin Doa Pemakaman BJ Habibie

Kamis, 12 September 2019 11:30 Reporter : Merdeka
Menag Lukman Hakim Akan Pimpin Doa Pemakaman BJ Habibie Warga mulai berdatangan ke pemakaman BJ Habibie. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan memimpin doa saat proses pemakaman Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Jenazah BJ Habibie akan dikebumikan di samping pusara sang istri Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie.

Namun hingga kini Lukman masih berada di Yogyakarta. Menurut protokoler Kementerian Agama, Muhamad Aleq Faruqi, Lukman dijadwalkan bertolak ke Jakarta pada siang ini.

"Nanti landing di (Bandara) Halim. Ke sini (TMP Kalibata) nanti naik motor mungkin biar cepat," ujar dia di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Jika Lukman terlambat hadir, maka pemimpin doa saat prosesi pemakaman BJ Habibie akan diserahkan kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Mohamad Nur Kholis. Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Makam BJ Habibie sendiri menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Sementara di sebelah kanannya, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro. Kemudian di belakang makam BJ Habibie ada makam Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie terlebih dahulu diserahkan ke pemerintah melalui upacara di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan pukul 12.30 WIB. Kemudian, jenazah akan diberangkatkan pukul 13.00 WIB dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

"13.30 WUB, prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata," kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangannya, Kamis (12/9).

Reporter: Fachrur Rozie [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini