Megawati Perintahkan Kader PDIP Bantu Korban Banjir di Luwu Utara

Kamis, 16 Juli 2020 20:01 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Megawati Perintahkan Kader PDIP Bantu Korban Banjir di Luwu Utara Banjir di Luwu Utara. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan kadernya untuk membantu korban banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Banjir tersebut melanda sejumlah daerah di Luwu Utara pada Senin (13/7).

"Rakyat tidak boleh menjadi korban. Ketua Umum PDI Perjuangan telah menginstruksikan seluruh kader Partai di Sulsel untuk bergotong royong. Prioritaskan bantuan untuk ibu-ibu dan anak-anak Balita, dapur umum disiagakan. Bantu rakyat tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dilansir Antara, Kamis (16/7).

Hasto meyakini Presiden Joko Widodo dan Mensos Juliari Batubara juga akan segera turun mengirimkan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang.

"Ini bencana alam yang dahsyat dan kami percaya Presiden Jokowi dan Mensos Ari Batubara akan bertindak cepat membantu rakyat. Ketua DPP Bidang Sosial dan Bencana Alam Ribka Ciptaning dan Wasekjen Kerakyatan Sadar Restu telah melakukan langkah koordinasi dan siap melakukan mobilisasi tim Baguna Pusat," ujar dia.

Dia berpendapat bencana yang terjadi semakin menyadarkan betapa pentingnya menjaga lingkungan. Pelarangan penebangan hutan bersifat wajib, demikian pula kegiatan pertambangan harus memperhatikan kelestarian lingkungan.

"Berdasarkan laporan Baguna Sulsel, tanah longsor di Luwu Utara akibat pembalakan liar. Untuk itu aparat kepolisian harus bertindak tegas," ucap Hasto.

PDIP juga bergerak menerjunkan Tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) untuk membantu korban banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Tim tersebut telah dilatih oleh beberapa lembaga seperti Basarnas, BNPB hingga BMKG untuk misi-misi kemanusiaan.

"PDI Perjuangan sejak tahun 2010 telah memiliki Badan Penanggulangan Bencana (Baguna). Seluruh tim sudah dilatih Basarnas dan BNPB serta BMKG. Melalui Baguna seluruh gerak kemanusiaan Partai dikedepankan. Sebab politik itu membumi dan menyatu dengan seluruh kehidupan rakyat," tutup dia.

Baca Selanjutnya: Kemensos Salurkan Bantuan Sosial Rp197...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini