Megawati minta Indonesia ikut berperan dalam perjanjian iklim dunia

Rabu, 25 Mei 2016 14:31 Reporter : Astri Agustina
Megawati minta Indonesia ikut berperan dalam perjanjian iklim dunia Megawati Soekarnoputri. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri mengatakan, mengajak masyarakat Indonesia ikut berperan aktif dengan negara-negara di dunia terkait isu perubahan iklim sesuai dengan Konferensi Perubahan Iklim Dunia yang digelar di Paris, Perancis, pada Desember 2015. Dalam Perjanjian Paris menyepakati untuk menjaga ambang batas kenaikan suhu bumi di bawah 2 derajat celcius (2C) dan berupaya menekan hingga 1,5C

"Perjanjian ini mengubah pola struktur penurunan emisi yang sebelumnya diatur dalam Perjanjian Kyoto," ujar Megawati saat beri sambutan dalam penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa bidang politik dan pemerintah, di Universitas Padjajaran, Bandung, Rabu (25/5).

Megawati mengatakan, perlunya komitmen nasional dari seluruh elemen bangsa untuk mencapai target penurunan emisi dunia, termasuk menghentikan pembalakan liar dalam mendukung perjanjian tersebut.

"Disaat bersamaan harus tetap melangkah dalam koridor kepentingan nasional. Langkah awal yang harus diperjuangkan dalam isu perubahan iklim adalah keadilan iklim," kata dia.

Menurut Megawati, Indonesia harus aktif mendorong cara penentuan dan penghitungan emisi yang didasarkan pada perhitungan emisi per kapita.

"Mari kita perjuangan kesepakatan internasional, setiap orang di belahan bumi manapun memiliki hak yang sama terhadap atmosfir," tutur dia. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini