Mayor Agus Yudhoyono bangga ikut pendidikan militer di AS

Senin, 26 Agustus 2013 19:15 Reporter : Yulistyo Pratomo
Mayor Agus Yudhoyono bangga ikut pendidikan militer di AS Petinggi TNI. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Chuck Hagel melakukan kunjungan ke beberapa negara, salah satunya Indonesia. Setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), rupanya dia juga menjawab pertanyaan dari putra pertama SBY, Mayor Agus Harimurti Yudhoyono.

Pantauan merdeka.com, Senin (26/8), saat tiba di ruang Aula Bhinneka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan, Chuck yang ditemani Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro tiba-tiba menyapa Agus. Ketika itu, Agus duduk di bangku paling depan agak ke bagian tengah.

Pada kesempatan itu, Agus menyampaikan kebanggaannya pernah menjadi bagian dari militer AS serta mengikuti pendidikan di negara itu.

"Di sana menjadi sebuah penghargaan dan bisa meningkatkan kekuatan prajurit kami di masa mendatang. Dengan adanya pengalaman saling bertukar, itu juga memberikan rasa persaudaraan yang dapat menguntungkan kerja sama bagi dua negara, yakni pendidikan dan pelatihan," ujar Agus di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (26/8).

Dia menyebutkan, pendidikan militer merupakan bagian penting bagi militer Indonesia. "Ini bisa menjadikan kami menjadi militer kelas dunia, militer yang profesional. Itu juga penting untuk mengembangkannya sebagai pasukan modern," lanjutnya dalam bahasa Inggris.

Mendapat pengakuan itu, Hagel lantas menjawabnya dengan singkat. Bahwa, program pertukaran prajurit yang dimasukkan dalam program International Military Forces (IMF) sebagai kebijakan yang paling cerdas dan investasi terbaik.

"Saya percaya IMF merupakan merupakan cara paling cerdas dan investasi terbaik. Dan AS mendapatkan hubungan baik darinya," kata Hagel. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. TNI
  2. Agus Yudhoyono
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini