Mau Mudik, Inilah Kumpulan Foto Pemandangan Alam yang Indah di Jalan Tol

Kamis, 30 Mei 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
Mau Mudik, Inilah Kumpulan Foto Pemandangan Alam yang Indah di Jalan Tol Tol Pandaan-Malang. ©2019 Merdeka.com/ PUPR

Merdeka.com - Menyambut Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia memiliki tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman. Kebanyakan pemudik akan menggunakan jalur darat untuk sampai ke kampung halaman. Ini yang menyebabkan jalan tol menjadi padat.

Sejumlah ruas jalan tol yang dibangun memiliki pemandangan sangat indah. Pemandangan alam yang indah jangan sampai terlewatkan oleh para pemudik yang hendak mudik ke kampung halaman.

Yuk simak jalan tol mana saja yang memiliki pemandangan alam indah saat mudik, berikut ini foto-fotonya:

1 dari 5 halaman

Tol Bali Mandara

Bagi pemudik yang menggunakan jalan Tol Bali Mandara yang menghubungkan Pelabuhan Benoa-Ngurah Rai-Nusa akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Tol Bali Mandara salah satu tol yang dibangun di atas laut dengan panjang sekitar 12,7 km, di mana 10 km berada di atas laut. Panjang jembatan tol di Bali ini hampir sama dengan Penang Bridge di Malaysia yang panjangnya mencapai 13,5 km, atau Union Bridge sepanjang 12,9 km di Kanada.

2 dari 5 halaman

Gerbang Tol Salatiga

Kemudian tol yang memiliki pemandangan yang super indah adalah Gerbang Tol Salatiga. Gerbang tol yang satu ini diklaim paling indah se-Indonesia.

Pemudik akan disuguhkan pemandangan indah Gunung Merbabu. Selain pemandangan Gunung Merbabu, pengendara juga akan disuguhkan pemandangan persawahan dan rumah-rumah warga di kanan dan kiri jalan.

3 dari 5 halaman

Tol Pandaan-Malang

Selanjutnya, bagi pemudik bisa menikmati pemandangan alam yang cantik jika melewati tol Pandaan-Malang. Pengguna jalan tol Pandaan-Malang akan disuguhi pemandangan alam pegunungan salah satunya di gerbang tol Lawang yang memiliki pemandangan menawan dari Gunung Arjuno.

4 dari 5 halaman

Ruas Tol Bawen-Salatiga

Ruas Tol Bawen - Salatiga juga memanjakan para pengendara, khususnya yang melintasi Jembatan Tuntang. Pengendara akan disajikan pemandangan mengesankan, yaitu hutan dan Danau Rawa Pening, Semarang. Keberadaan tol mempercepat mobilitas dan mengurangi biaya logistik.

5 dari 5 halaman

Jembatan Kalikuto Tol Semarang - Batang

Bagi pemudik yang menggunakan jalur alur Semarang - Batang, akan disuguhkan pemandangan menarik dari gagahnya jembatan Kalikuto ini memiliki arsitektur yang unik. Keindahan jembatan Kalikuto ini diharapkan akan membuat para pemudik lupa akan lelah karena terpesona dengan bentuk jembatan Kalikuto ini.

Jembatan Kalikuto merupakan ikon baru Jalan Tol Semarang Batang. Jembatan ini menghubungkan dua kabupaten yakni Batang dan Kendal. Jembatan yang dibangun sepanjang 100 meter memiliki dua jembatan di sampingnya dengan masing-masing berukuran 32,3 meter. Tinggi pelengkung bentang utama 30 meter (dari top level aspal ke CG arch). [has]

Baca juga:
Penerapan Satu Arah di Tol Trans Jawa Selama Mudik 2019 Mulai Berlaku Pagi ini
Pemerintah Ubah Titik Awal Satu Arah Tol Trans Jawa Jadi Mulai dari Cikampek Utama
Bus Akan Disediakan Jalur Khusus Saat Mudik Lebaran
Jasa Marga Luncurkan Aplikasi Travoy Permudah Layanan Mudik

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini