Material Longsor Setebal 3 Meter Tutup Jalan Provinsi di Banjarharjo Brebes

Senin, 21 Januari 2019 13:20 Reporter : Abdul Aziz
Material Longsor Setebal 3 Meter Tutup Jalan Provinsi di Banjarharjo Brebes Ilustrasi tanah longsor. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Akses jalan yang tertutup akibat longsor di jalan provinsi penghubung Gunung Lio-Banjarharjo, Kabupaten Brebes masih belum dapat dilalui kendaraan. Hingga hari ini, material longsor dari tebing setebal 2-3 meter masih menutupi jalan sejak Minggu (20/1) sore kemarin.

Camat Banjarharjo, Munaedi mengatakan jalan tidak dapat dilalui lantaran tertutup material longsor dari tebing samping jalan.

"Jalan tertutup oleh longsor sejak pukul 17.00 kemarin. Saat ini material masih menutupi jalan," katanya lewat sambungan telepon, Senin (21/1).

Munaedi menjelaskan longsor terjadi disebabkan hujan deras pada Minggu (20/1) siang. Intensitas hujan yang tinggi membuat tanah tebing ambrol hingga menutupi jalan.

"Hujan turun sejak siang kemarin. Kira-kira sudah delapan jam," ujarnya.

Warga bersama Tim SAR gabungan sudah berusaha membersihkan material longsor sejak kemarin. Upaya pembersihan sempat dihentikan pada malam hari lantaran masih turun hujan dan penerangan minim.

"Saat ini bersama warga sekitar mulai bergotong royong lagi singkirkan material longsor," tuturnya.

Munaedi mengimbau pengendara yang kerap melintasi jalan tersebut berhati-hati. Di musim penghujan, jalan tersebut rawan akan terjadi bencana.

"Banyak pohon-pohon di sepanjang jalan yang rawan tumbang, apalagi medan jalan juga berbahaya," imbuhnya.

Selain longsor, juga terjadi banjir lumpur di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Banjir tersebut sudah teratasi sehingga jalan sudah dapat dilalui kembali. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanah Longsor
  3. Brebes
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini