Masuk Zona Merah Covid-19, 20 Gereja di Keuskupan Agung Semarang Tunda Misa

Selasa, 21 Juli 2020 12:13 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Masuk Zona Merah Covid-19, 20 Gereja di Keuskupan Agung Semarang Tunda Misa Gereja. ©2012 Merdeka.com/dok

Merdeka.com - 20 gereja Katolik yang berada di wilayah Keuskupan Agung Semarang memilih menunda ibadah misa saat akhir pekan. Penundaan karena sejumlah daerah masih masuk dalam kategori zona merah Covid-19.

"Kita tunda misanya sampai kasus Covid-19 melandai dulu. Sesuai surat edaran Gubernur Jateng, daerah yang persebaran Covid-19 masih tinggi dilarang menimbulkan kerumunan dalam jumlah banyak," kata Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (HAK KAS), Romo Eduardus Didik Cahyono, Selasa (21/7).

Dia mengungkapkan, beberapa wilayah pengelola gereja yang menunda misa di wilayah diantaranya Weleri, Kendal, Kota Semarang, Demak, Ungaran, Ambarawa, Jepara, Grobogan dan sejumlah Paroki di Solo. Meski ditunda, umat tetap mengikuti misa live streaming.

"Kami minta umat tetap ikuti misa streaming yang sudah digelar oleh masing-masing gereja. Terutama lansia yang tidak bisa misa di gereja harus mengikuti misa virtual," ujarnya.

Uskup Agung Semarang Monsinyur Robertus Rubiyatmoko menyatakan mekanisme pelaksanaan misa diserahkan kepada tiap gereja. Sedangkan hasilnya, memutuskan misa di gereja diundur sampai awal agustus. Selain itu, dia kesulitan mendata umat yang berusia 10 hingga 45 tahun.

"Tim gugus tugas gereja belum siap menghadapi kedatangan umat dalam jumlah yang banyak. Kita harus data siapa saja yang sehat dan umurnya berapa aja. Yang jelas kita belum siap dari segi SDM-nya," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini