Massa Reuni 212 Dibubarkan Polisi, Jalan MH Thamrin-KH Wahid Hasyim Lengang

Kamis, 2 Desember 2021 13:31 Reporter : Merdeka
Massa Reuni 212 Dibubarkan Polisi, Jalan MH Thamrin-KH Wahid Hasyim Lengang Jalan Wahid Hasyim lengang. ©Liputan6.com/Yopi Makdori

Merdeka.com - Jalan MH Thamrin sampai sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat telah steril dari massa Reuni 212 pada Kamis siang, 2 Desember 2021.

Pantauan di lokasi, massa yang sebelumnya berada di sekitaran Sarinah, Jakarta Pusat telah didesak mundur ke Jalan KH Wahid Hasyim. Massa memilih untuk meninggalkan lokasi melenggang ke arah timur.

Arus lalu lintas di sekitaran lokasi pun kembali berjalan normal. Namun polisi masih tampak berjaga-jaga di depan Pos Polisi Sektor Sabang, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Guntur Muhammad Thariq mendesak massa yang berniat menggelar Reuni 212 untuk segera meninggalkan kawasan sekitar Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

"Silakan membubarkan diri, di sini tak ada aksi apa-apa," seru Guntur menggunakan mobil pengeras suara.

Guntur dibantu personel Brimob sampai turut turun ke jalan untuk mempersuasi massa agar meninggalkan lokasi. Sebagian massa terlihat tak mengindahkan seruan tersebut. Namun perlahan mereka berjalan mundur.

"Silakan Umi, hati-hati di jalan ya," kata Guntur.

Mereka didorong mundur keluar dari kawasan Jalan MH Thamrin menuju ke arah Timur ke Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat.

pengalihan arus lalu lintas di kawasan monas
©Liputan6.com/Yopi Makdori

Sementara itu pantauan di sekitar Monas, polisi masih membentangkan kawat berduri untuk menutup arus lalu lintas. Ruas Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, sejumlah personel kepolisian masih tampak berjaga-jaga di sekitar kawat berduri.

Ketika ditanya kapan dilakukan pembukaan jalan, salah satu personel yang tengah berjaga mengaku kemungkinan nanti malam. Namun hal itu tetap bergantung pada keberadaan massa aksi. Jika masih tampak tanda-tanda keberadaan massa, maka petugas urung membuka blokade.

Massa Reuni 212 sendiri telah mengundurkan diri setelah polisi mendorong mundur mereka. Hingga berita ini diturunkan, sudah tak tampak adanya aktivitas massa Reuni 212.

Sementara arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Timur siang ini terpantau ramai lancar. Penutupan jalan sekitaran Monas tak membuat arus lalu lintas tersendat.

Reporter: Yopi Makdori/Liputan6.com [bal]

Baca juga:
Barikade Kawat Berduri Dipasang untuk Cegah Kerumunan Massa Reuni 212
Polisi Tegaskan Pidanakan Massa Nekat Gelar Reuni 212 di Patung Kuda
Aparat Polisi Bubarkan Massa Reuni 212
Imbas Reuni 212, Penumpang 12 KA ini Bisa Naik di Stasiun Jatinegara
Soal Reuni 212, Kasad Minta Tak Lakukan Aksi karena Izin Tidak Ada
Soal Reuni 212, Kasad Minta Tak Dilanjutkan karena Izin Tidak Ada
Massa Reuni 212 Tinggalkan Jl Kebon Sirih, Arus Kendaraan Mulai Lancar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini