Masjid di Banda Aceh lantunkan azan saat gerhana bulan

Sabtu, 4 April 2015 21:21 Reporter : Afif
Gerhana Bulan Darah. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat gerhana bulan sedang berlangsung antara pukul 18.57 WIB hingga pukul 19.02 WIB, semua masjid di Banda Aceh langsung melantunkan azan. Bahkan, kumandang azan diulang-ulang sampai beberapa kali.

Kumandang azan mulai terdengar di setiap masjid di Banda Aceh sekitar pukul 18.50 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Selain lantunkan azan, jamaah di setiap masjid juga melakukan salat sunah gerhana bulan.

Ada juga yang melaksanakan salat sunah gerhana setelah salat magrib. Namun, kebanyakan jamaah melakukan salat sunah gerhana setelah melaksanakan salat Isya.

Pantauan merdeka.com, warga yang tinggal di Kecamatan Kuta Raja terlihat keluar dari rumah melihat ke langit untuk melihat gerhana yang jarang dilihat. Terutama penghuni di rumah susun ke luar melihat fenomena alam ini.

"Tadi siap salat Magrib sudah salat sunah gerhana," kata Darmawan, warga Desa Keudah, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Sabtu (4/4).

Gerhana bulan total kali ini terbilang istimewa, lantaran durasi gerhana bulan total hanya berlangsung kurang dari 5 menit atau sekitar 4 menit 43 detik. Durasi ini merupakan yang terpendek semenjak 500 tahun lalu dan menjadi gerhana bulan total tersingkat abad ini. [efd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini