Masih dalam perbaikan, situs KPU belum bisa diakses

Minggu, 1 Juli 2018 15:33 Reporter : Merdeka
Masih dalam perbaikan, situs KPU belum bisa diakses Ilustrasi KPU. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Website Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga hari ini, Minggu (1/7), belum bisa diakses. Hal ini sudah terjadi sejak Jumat kemarin. Berdasarkan pantauan, sejak Pukul 09.10 WIB sampai 11.18 WIB dalam laman infopemilu.kpu.go.id, hanya memuat tulisan 'untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi hasil pemilihan, untuk sementara layanan ini kami tidak aktifkan' begitu bunyi peringatan dengan background warna oranye.

Ketua KPU Arief Budiman memberi penjelasan. Menurut dia, langkah itu sengaja dilakukan untuk mencegah peretasan.

"Kadang bisa dibuka dan kadang tidak bisa dibuka, itu untuk menangkal serangan yang datangnya kadang tiap menit," kata Ketua KPU Arief Budiman.

Kendati demikian, Arief memastikan penghitungan tetap berlangsung transparan. "Prinsipnya proses rekap terbuka. Bukan kami tidak transparan, tapi ini untuk menangkal serangan yang datang tiap menit, bukan jam," ujar Arief Budiman.

Arief mengatakan tim IT KPU terus berupaya mengamankan situs hitung cepat dengan berbagai cara. Dia pun meminta maaf kepada masyarakat Indonesia bila dalam suatu waktu situs hitung cepat KPU tidak bisa diakses.

"Mohon maaf kepada masyarakat kalau kadang situs KPU di-off-kan sehingga masyarakat kadang tidak bisa memantau, tapi kalau sudah aman jelas akan kami buka kembali," kata Arief.

Komisioner KPU Ilham Saputra memastikan website akan bisa segera diakses seperti sedia kala. "Segera (bisa diakses). Terima kasih," ucap Ilham.

Reporter: Putu Merta Surya Putra [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini