Masih Banyak Warga di Maluku Utara Tak Ikuti Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Senin, 20 April 2020 10:05 Reporter : Henny Rachma Sari
Masih Banyak Warga di Maluku Utara Tak Ikuti Protokol Kesehatan Cegah Covid-19 Warga di Maluku Utara masih ramai di luar rumah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah warga di Kota Ternate serta beberapa wilayah di Maluku Utara terpantau belum mengikuti protokol kesehatan cegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Masih terlihat warga yang berkerumun serta tidak memakai masker.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara Alwia Assagaf mengatakan bahwa dalam sepekan terakhir masih banyak warga yang berkerumun di Kota Ternate meski pemerintah sudah menganjurkan warga tidak berada dalam kumpulan banyak orang, menjaga jarak aman, dan tetap berada di dalam rumah kalau tak ada keperluan mendesak guna meminimalkan risiko penularan Covid-19.

"Warga masih memadati berbagai titik keramaian, penggunaan masker saat di jalan raya minim," katanya, Senin (20/4) lalu menyampaikan lagi imbauan kepada warga untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Wakil Ketua II Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate AKBP Azhari Juanda secara terpisah menyatakan bahwa remaja dan warga yang kedapatan nongkrong dan berkerumun saat petugas berpatroli akan ditindak.

Penindakan antara lain sudah dilakukan pada warga yang kedapatan berkerumun di tempat-tempat seperti Pantai Daulasi, Toboko, dan kawasan Mangga Dua di Ternate.

Pemerintah Kota Ternate telah memberlakukan jam malam guna menekan penularan Covid-19. Sekretaris Pemerintah Kota Ternate Thamrin Alwi mengatakan pemerintah kota juga membatasi kegiatan warga di area tertentu guna meminimalkan risiko penularan virus corona.

Pada tahap awal pembatasan aktivitas dilakukan di kawasan Jalan Pahlawan Revolusi hingga di Jalan Sultan Djabir Sjah dan rencananya akan diperluas ke Jalan Yos Sudarso. Seperti diberitakan Antara. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini