Marzuki Alie siap cabut gelar akademis jika terbukti korupsi

Minggu, 6 Oktober 2013 22:14 Reporter : Mustiana Lestari
Marzuki Alie siap cabut gelar akademis jika terbukti korupsi Marzuki Alie. ©2013 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie siap dicabut gelar akademisnya jika terbukti korupsi. Menurut Marzuki, lulusan universitas negeri yang terlibat korupsi memalukan almamaternya.

"Indonesia tuh cerdas, diakali kan gampang buat pakta integritas kalau saya alumni saya kembalikan," ujar Marzuki di Pandeglang, Banten, Minggu (6/10).

Marzuki menegaskan pencabutan gelar akademis merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban yang harus diterima para koruptor. Politisi Demokrat itu menyayangkan Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada yang tak mencabut gelar akademis alumni yang terlibat korupsi.

"Berani enggak mencabut gelar alumni kalau korupsi. Di UI dan Gajah Mada, mereka bilang enggak bisa dicabut karena itu pendidikan formal," kata dia.

Sebelumnya, Marzuki enggan berbicara mengenai kasus korupsi. Alasannya, banyak orang berbicara antikorupsi, ternyata yang bersuara lantang itu malah korupsi sendiri.

"Jangan-jangan yang ngomong korupsi pelaku korupsi saya enggak mau lagi ngomong korupsi, saya takutnya itu (korupsi) tadi nauzubilah," kata Marzuki di Pandeglang, Banten, Minggu (6/10).

Marzuki juga tak mau menyinggung kasus korupsi yang menimpa orang lain. "Jangan-jangan kesempurnaan itu ketidaksempurnaan. Sudah terlalu capek kita menyinggung orang," tambahnya. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Marzuki Alie
  2. Kasus Korupsi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini