Ma'ruf Minta Penyelesaian Konflik Papua Pakai Pendekatan Budaya Seperti Gus Dur

Selasa, 3 September 2019 15:25 Reporter : Dwi Prasetya
Ma'ruf Minta Penyelesaian Konflik Papua Pakai Pendekatan Budaya Seperti Gus Dur Maruf Amin. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin mengatakan solusi untuk menyelesaikan masalah di papua harus melalui pendekatan budaya. Tidak hanya melalui pendekatan keamanan dan penertiban.

Langkah itu menurut Ma'ruf, yang dilakukan oleh Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat mengubah nama Irian Jaya menjadi Papua.

"Kami (dengan tokoh NU) sudah berbincang supaya penyelesaian Papua Itu tidak hanya dilakukan pendekatan keamanan dan penertiban tapi juga perbaikan pendekatan budaya. Gus Dur juga kan mendekati papua dengan mengubah nama dari Irian Jaya menjadi papua," kata Ma'ruf di kediamannya di Tanara Serang, Banten, Selasa (3/9).

Kebijakan itu, kata Ma'ruf yang memberikan spirit kemanusiaan di tanah Papua dari segala bentuk diskriminasi, marjinalisasi, dan krisis di segala bidang. Akhirnya masyarakat Papua membutuhkan sekaligus menyayangi Gus Dur.

"Oleh karena itu orang Papua kepada Gus Dur khususnya dan NU sangat simpati dan menghargai. Apa yang dilakukan Gus Dur harus dilakukan PBNU yaitu pendekatan budaya," katanya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini