Ma'ruf Amin Tekankan Pendekatan Kesejahteraan dan Dialog Atasi Masalah di Papua

Senin, 20 September 2021 16:31 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ma'ruf Amin Tekankan Pendekatan Kesejahteraan dan Dialog Atasi Masalah di Papua Wapres Maruf Amin. ©Istimewa

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan dua pendekatan untuk mengatasi persoalan di Papua. Yaitu pendekatan kesejahteraan dan dialog.

"Pendekatan kesejahteraan mesti segera di implementasikan di Papua terkait dengan undang-undang yang baru karena memang itu pasti ditunggu oleh saudara kita dari Papua bagaimana percepatan pembangunan Papua mesti segera dilakukan," kata Jubir Wakil Presiden Ma'ruf Amin Masduki Baidlowi dalam keterangan video, Senin (19/9).

Kedua, lanjut Masduki, adalah pendekatan dialog atau kultural. Menurutnya, pendekatan kultural untuk mengatasi masalah di Papua sangat penting dilakukan oleh pemerintah pusat di Jakarta.

"Pendekatan dialog tentu saja, pendekatan kulturan ini penting dari temen temen semuanya di Jakarta untuk melakukan pendekatan kultural, yaitu percepatan pembangunan Papua dan dialog atau silaturahim dengan masyarakat Papua," tuturnya.

Meski begitu, kata dia, pendekatan keamanan bukan berarti di abaikan. Menurutnya, pendekatan keamanan sudah berjalan tinggal melengkapi pendekatan kesejahteraan dan dialog.

"Bukan berarti pendekatan keamanan tidak penting saya kira pendekatan keamanan selama ini sudah berjalan tinggal bagaimana dilengkapi jadi pendekatan pendekatan lain terutama pendekatan kesejahteraan dan pendekatan dialog," ucapnya.

Masduki menambahkan, utusan dari Papua juga menyampaikan aspirasi terkait lembaga khusus yang akan dibentuk dan dibawah pimpinan atau kendali Wakil Presiden. Aspirasi mereka sudah dicatat oleh Wapres terkait rencana pembentukan lembaga khusus ini.

"Karena semua itu masih dalam konsep karena ada aturan, aturan pemerintah dan seterusnya sehingga kita berharap nanti setelah lembaga khusus itu dibentuk nanti Insya Allah apa yang digagas wakil presiden mengenai pendekatan pendekatan kultural untuk masalah Papua itu bisa segera terealisasi," pungkasnya. [gil]

Baca juga:
TNI-Polri Kembali Terlibat Kontak Tembak dengan KST di Kiwirok
Wakil Ketua DPR Nilai Aksi KKB untuk Cari Perhatian Dunia
Sembilan Nakes Korban Kekerasan di Puskesmas Kiwirok Jalani Pemulihan Trauma
TNI-Polri Rampungkan Pembangunan Dua Jembatan di Maybrat yang Dirusak KKB Papua
TNI: Nakes Harus Lapor Jika Ada Indikasi Gangguan Keamanan di Papua

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini