Ma'ruf Amin Minta Perangkat Daerah Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 15:35 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Ma'ruf Amin Minta Perangkat Daerah Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 maruf amin. ©muidkijakarta.or.id

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta seluruh lembaga di pemerintah daerah mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat guna membentuk kekebalan komunal atau herd immunity di daerah.

Ma'ruf Main meminta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di setiap provinsi juga bergerak untuk mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19.

"Saya minta forkopimda dan seluruh organisasi perangkat daerah hingga satuan pemerintahan terus bergerak bersama dengan seluruh lapisan masyarakat dan swasta untuk selalu meningkatkan penerapan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi sebagai upaya menekan laju penyebaran Covid-19," kata Ma'ruf Amin saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, Jawa Timur, Kamis (21/10), seperti dikutip dari keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wapres (BPMI Setwapres).

Pelaksanaan vaksinasi merupakan salah satu faktor kunci untuk menghentikan krisis pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dia meminta, seluruh masyarakat juga harus berperan aktif untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

Dia mengatakan salah satu upaya untuk mengakselerasi pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat adalah dengan metode jemput bola. Sehingga, kata dia, masyarakat dengan keterbatasan pergerakan atau tinggal di wilayah jauh memiliki kesempatan sama dengan masyarakat lain untuk menerima vaksin.

Akselerasi vaksinasi Covid-19 perlu dukungan semua pihak, agar terus aktif menyelenggarakan vaksinasi massal, melakukan jemput bola dengan antar-jemput ke fasilitas kesehatan, atau door to door, ujarnya.

Selain untuk menghentikan pandemi, Wapres menjelaskan bahwa pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat merupakan faktor penentu dalam penetapan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan menuju endemi.

"Saya harap kita semua melakukan akselerasi vaksinasi sesuai target, sehingga kekebalan kelompok segera terbentuk sebagai salah satu upaya pengendalian pandemi Covid-19 menuju endemi," tandasnya.

Baca juga:
Jemaah Umrah akan Diberi Kartu Scan Sertifikat Vaksin Sebelum Berangkat ke Saudi
Arab Saudi Berikan Suntikan Booster Vaksin Covid untuk Warga Berusia 18 Tahun ke Atas
Satgas Covid-19 di Aceh Mulai Vaksinasi Pfizer ke Warga
CEK FAKTA: Tidak Benar 20.000 Warga Eropa Alami Kebutaan Setelah Divaksin
Kunjungi Jatim, Wapres Ma'ruf Amin Akan Sampaikan Orasi Ilmiah dan Tinjau Vaksinasi
Jokowi Bertolak ke Kalimantan Selatan, Resmikan Pabrik hingga Tinjau Vaksinasi
Komnas KIPI Pastikan Vaksin Covid-19 Tidak akan Memperparah Komorbid

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini