Ma'ruf Amin: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Bersejarah Bagi Indonesia

Rabu, 29 Juni 2022 17:04 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ma'ruf Amin: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Bersejarah Bagi Indonesia Presiden Jokowi tiba di Ukraina. ©Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendoakan lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia dalam rangka membawa misi perdamaian berjalan lancar dan sukses. Menurutnya, kunjungan Jokowi kali ini bersejarah bagi Indonesia.

"Kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia adalah perjalanan penting dan bersejarah buat pemerintah Indonesia. Kita berdoa semoga perjalanan Presiden selamat dan sukses menjalankan misi perdamaian," tutur Wapres dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (29/6).

Lebih jauh, Ma'ruf menuturkan, misi yang dibawa oleh Jokowi dalam lawatan kenegaraannya kali ini menunjukkan prinsip Indonesia yang mendukung perdamaian dunia.

"Menandakan bahwa prinsip Indonesia sebagai negara yang selalu menjunjung tinggi terciptanya perdamaian di dunia, sebagaimana misi yang diemban dalam pembukaan UUD 1945, dan dilaksanakan secara konsisten oleh Pemerintah Indonesia," ungkapnya.

Ma’ruf berharap agar pertikaian yang terjadi antara Ukraina dan Rusia dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga perdamaian dapat segera tercipta.

"Sekali lagi, semoga lawatan Presiden membawa hasil untuk terciptanya perdamaian antara kedua negara, Ukraina dan Rusia, yang sedang berkonflik dan menjadi awal terciptanya pembangunan ekonomi dunia yang stabil di masa yang akan datang," pungkasnya.

Diberitakan, sekitar pukul 08.50 waktu setempat, Rabu, 29 Juni 2022, Jokowi dan sang istri, Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam menggunakan kereta api.

Kegiatan Jokowi di Ukraina diawali dengan mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin. Jokowi juga diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv. Kemudian berkunjung ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Baca juga:
Jokowi Blusukan Lihat Gedung Porak-poranda di Ukraina Akibat Perang
Bima Arya Nilai Gaya Komunikasi Jokowi Jaga Kondusifitas Jelang 2024
RKUHP Pasal Penghinaan, Wamenkum HAM: Tak Dihapus, Dilarang Menghina Bukan Kritis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini