Ma'ruf Amin Instruksikan Pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama Tingkat Nasional

Jumat, 7 Februari 2020 13:26 Reporter : Merdeka
Ma'ruf Amin Instruksikan Pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama Tingkat Nasional Bakal Cawapres Maruf Amin ke kantor PPP. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menginstruksikan pembentukan forum kerukunan umat beragama (FKUB) tingkat nasional untuk memperkuat tingkat toleransi antarumat beragama di Indonesia. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Ma'ruf memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi.

Tito mengatakan pembentukan FKUB tingkat nasional tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat mengingat selama ini FKUB hanya ada di tingkat provinsi dan sebagian kabupaten-kota.

"Memang ironis, yang seharusnya menjadi urusan pemerintah pusat, tapi di pusat sendiri tidak ada, padahal urusan keagamaan masuk ke dalam urusan pemerintahan absolut," kata Tito usai rapat di Kantor Wapres Jakarta, Jumat (7/2). Dilansir dari Antara.

Keberadaan FKUB nasional menjadi penting mengingat keberagaman agama di Indonesia harus dikelola dengan baik guna menjaga kerukunan dan toleransi antarmasyarakat. FKUB nasional akan diatur di bawah koordinasi Ma'ruf Amin yang membawahi bidang kerukunan antarumat beragama.

"Bapak Wapres ditugaskan oleh Presiden untuk menjadi 'leading' dalam rangka meningkatkan kerukunan antarumat beragama ini," tambahnya.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Ma'ruf Amin mengatakan kerukunan umat beragama menjadi kunci dalam menjaga persatuan dan keamanan nasional. Sehingga, apabila kerukunan tersebut terganggu, maka akan berdampak pada kerukunan nasional.

Kerukunan nasional itu dapat terjaga salah satunya dengan keberadaan FKUB yang tersebar di daerah, sehingga Ma'ruf Amin berharap forum kerukunan tersebut berperan dalam menjaga solidaritas.

"Sesungguhnya, ketidakdamaian itu karena tidak ada dialog; atau sesudah dialog tidak terdapat kesepakatan. Forum (kerukunan) ini justru memberikan stimulan agar kita terus menjaga kerukunan. Maka dari itu, kita membangun FKUB provinsi maupun kabupaten-kota," ujar Ma'ruf Amin. [ray]

Baca juga:
Wapres Ma'ruf Amin Dukung Penuh Pesparani Nasional 2020 di NTT
Ketua MPR: Kita Harus Sadari, RI Bukan Negara Agama dan Sekuler
Viral Video Perusakan di Perumahan Agape Minut, Ini Penjelasan Polisi
Ma'ruf Amin Sebut Agama Solusi Perdamaian Dunia
Kisah Pasangan Hindu di India Menikah di Masjid Jadi Viral
Saat Narapidana Rusia Ikuti Perayaan Epiphany

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini