Manusia-manusia tertua berumur lebih seabad

Sabtu, 3 September 2016 09:08 Reporter : Adriana Megawati
Manusia-manusia tertua berumur lebih seabad Mbah Gotho dan Nenek Anami. ©2016 merdeka.com

Merdeka.com - Setiap manusia pasti ingin memiliki umur panjang untuk menjalani sebuah kehidupan. Beberapa orang memiliki rahasia tersendiri untuk memiliki umur panjang, mulai dari tidak mengonsumsi MSG, mengonsumsi telur mentah hingga tidak menikah sama sekali merupakan salah satu rahasia memiliki umur panjang.

Beberapa orang berhasil melewati dua perang dunia dan beberapa masa pemerintahan yang ada. Hal ini disebabkan mereka selalu menjaga dan merawat tubuh mereka baik menjaga pola makanan, melakukan aktivitas seperti olahraga, dan jarang menggunakan kendaraan pribadi. Berikut beberapa orang yang memiliki usia lebih dari seabad, yang berhasil merdeka.com rangkum:

1 dari 5 halaman

Emma Morano

rev1Emma Morano. ©New York Times/Redux/eyevine

Nenek satu ini lahir tanggal 29 November 1899 di Civiasco, Piedmont. Dia memiliki tujuh saudara, dan rata-rata memiliki usia yang sangat panjang. Emma Morano telah melalui dua perang dunia dan 70 masa pemerintahan. Dia mengklaim untuk memiliki usia yang panjang seperti dirinya, yaitu dengan rajin mengonsumsi telur mentah dan tidak menikah.

Emma sebelumnya memang telah menikah, namun pernikahannya tersebut gagal dan membuat Emma tidak bahagia dengan pernikahannya. Pada tahun 1938 Emma bercerai dengan suaminya, setelah sang anak meninggal dunia, dan tetap hidup menjadi janda hingga saat ini.

"(Usia) 115 tentu sangat banyak. Aku tak ingin didominasi oleh siapa pun," ucap Emma dilansir dari Daily Mail (17/02/2015).

Dia membeberkan bahwa salah satu resep untuk memiliki umur panjang adalah dengan mengonsumsi telur mentah. Emma sangat suka sekali mengonsumsi telur mentah. Setiap pagi sang keponakan akan datang kepadanya dan membawakan telur mentah bersama makanan lain. Setiap hari Emma mengonsumsi tiga telur mentah sejak beranjak remaja. Sebab sang dokter mengatakan bahwa mengkonsumsi telur mentah dapat mengatasi anemia.

2 dari 5 halaman

Luo Meizhen

rev1

Nenek yang lahir pada 9 Juli 1885, dia melahirkan putra tunggalnya ketika berusia 67 tahun di Bama, Provinsi Guangxi, China Selatan. Daerah Bama di China memang terkenal akan penduduk yang memiliki umur panjang.

Dilansir surat kabar the Daily Mail, Kamis (6/9/2012) mengatakan bahwa sensus warha 12 tahun yang lalu telah mencatat terdapat 74 orang berusia di atas seabad dan lebih dari 238 ribu dari total populasi. Menurut International Natural Medicine Society, perbandingan jumlah penduduk berusia lebih dari 100 tahun di Bama mencapai 30,8 per 100 ribu penduduk. Pada perayaan hari ulang tahunnya, Lou lebih memilih menyantap semangkuk nasi dengan dua irisan dading babi, seiris daging bebek dan ayam serta dua kue.

3 dari 5 halaman

Swami Sivananda

rev1Swami Sivananda manusia tertua di dunia. ©AFP PHOTO/Dibyangshu SARKAR

Swami Sivananda merupakan salah satu pendeta Hindu yang tinggal di India. Disebut-sebut sebagai lelaki tertua dengan usia 120 tahun. Dia lahir pada 8 Agustus 1896. Dia membeberkan bahwa rahasia memiliki usia panjang karena melakukan yoga setiap hari, makan tanpa rempah-rempah dan hidup membujang hingga saat ini.

Swami Sivananda dikabarkan telah mengajukan usianya kepada Guinness World Records. Sebelumnya, rekor lelaki tertua di dunia diraih oleh Jiroemon Kimura dari Jepang yang meninggal dunia pada Juni 2013 dengan usia 116 tahun 54 hari.

4 dari 5 halaman

Hazi Abdul Noor

noor rev1Hazi Abdul Noor. ©Daily Mail

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Noor menikah untuk kedua kalinya pada usia 102 tahun. Dia menjadi mempelai pria paling tua sejagat. Enam tahun lalu, sang istri meninggal dunia dan enam tahun setelahnya akhirnya dia menikahi Samoi Bibi, di Desa Satghori, di sebelah timur laut India.

Dilansir dari koran Times of India, Salima Khatun istri pertama Noor meninggal pada tahun 2005. Sebelum meninggal ia berwasiat kepada anaknya untuk mencarikan sang suami istri agar dapat merawatnya. Noor memiliki 122 anggota keluarga, termasuk dua anak, empat putri, dan puluhan cucu serta cicit.

"Saya akan berusaha merawat suami," kata Samoi.

5 dari 5 halaman

Gotho

Mbah Gotho. ©2016 merdeka.com/arie sunaryo

Mbah Gotho pria yang telah melewati beberapa masa pemerintahan di Indonesia. Berdasarkan data identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ia miliki, dia lahir pada tahun 1870 silam. Saat ini dia tinggal di Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen.

Menurut hasil penelusuran yang dilakukan oleh tim Kantor Arsip dan Dokumentasi kabupaten Sragen beberapa waktu lalu, pada saat dilahirkan Mbah Gotho memiliki nama Saparman, yang kemudian setelah menikah sesuai dengan tradisi masyarakat Jawa pada saat itu, ia berganti nama menjadi Sodimejo. Nama Gotho tersebut ia dapat dari masyarakat sekitar yang menyebutnya 'Gotho' dan memiliki makna sebagai seseorang yang selalu bersemangat dan cenderung menggunakan otot ketika berjalan atau bertindak.

Di usianya yang sudah senja, Mbah Gotho masih terlihat cukup sehat, walau badannya membungkuk karena lebih banyak duduk. Selain itu fungsi pendengaran mbah Gotho sudah melemah. Walaupun usianya sudahrenta, namun ingatannya masih sangat jernih dan penuturannya masih sangat lancar dan runtut.

"Saya ini lahir di hari Kamis Wage, bulan Sapar, makanya orang tua saya memberi nama Saparman," ujarnya saat ditemui wartawan, Selasa (30/8) malam.

Sedangkan untuk tahun lahir, dia tidak ingat secara pasti. Namun seingat dia, saat masih muda dia pernah menyaksikan peresmian Pabrik Gula Gondang. Pabrik Gula Gondang Sragen menurut sejarah dibangun pada tahun 1880.

"Saya ingat saat itu saya sudah ikut datang menonton peresmian Pabrik Gula Gondang. Saat itu saya sudah besar dan bisa membantu bapak membajak di sawah, umur 10 tahun saya sudah diajari membajak," ucapnya lancar.

  [cob]

Baca juga:
Cara memanfaatkan umur panjang biar berkah
Benarkah makanan 'ndeso' dapat memperpanjang umur
Rahasia orang dahulu berumur panjang
Video: Mengenal sosok Mbah Gotho, manusia tertua di dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini