Mantan pejabat Disdik Medan tersangka korupsi dana rehabilitasi

Jumat, 1 November 2013 22:02 Reporter : Yan Muhardiansyah
Mantan pejabat Disdik Medan tersangka korupsi dana rehabilitasi Korupsi. meedeka.com

Merdeka.com - Kasus dugaan korupsi penyalahgunaan anggaran rehabilitasi sekolah di Medan yang dibiayai dana alokasi khusus (DAK) 2012 ditingkatkan ke tahap penyidikan. Tiga mantan pejabat Dinas Pendidikan Kota Medan pun dijadikan tersangka.

Ketiga tersangka yaitu Zakaria Harahap, selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) DAK 2012, Rajab Lubis, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan dan Eva Yunismin, pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) rehabilitasi SD dan SMP negeri/swasta dan pengadaan alat laboratorium SMP dan alat peraga SD Kota Medan DAK 2012.

"Mereka ditetapkan sebagai tersangka pada 31 Oktober kemarin," jelas Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumut, Chandra Purnama di Medan, Jumat (1/11).

Rajab Cs belum pernah dipanggil apalagi diperiksa sebagai tersangka. Namun, tim penyidik telah menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan mereka sebagai tersangka.

Chandra memaparkan, pada 2012 terdapat 80 SD dan 30 SMP direhabilitasi. Proyek itu mendapat alokasi Rp 40,4 miliar dari DAK. Diduga telah terjadi penyelewengan dengan cara penggelembungan harga.

"Namun, kerugian negara masih dihitung," jelas Chandra.

[hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Korupsi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini