Mantan anggota Pansus Century Gate ragu KPK tetapkan Boediono tersangka

Senin, 16 April 2018 16:20 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Diskusi scandal bank century. ©2018 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Chandra Tirta Wijaya salah satu mantan anggota pansus Century Gate tidak yakin dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa mengusut tuntas tindak pidana korupsi Bank Century dan menetapkan tersangka mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono.

"Ini juga bukan berarti setelah pengadilan mengharuskan dilakukan tersangka ini dijalankan KPK, belum tentu juga," kata Chandra saat diskusi dengan tema 'Setelah Budiono Tersangka, Siapa Berikutnya?' di Hotel Century, Jakarta Pusat, Senin (16/4).

Mantan anggota DPR dari PAN ini menjelaskan KPK kini tidak memiliki sifat indepeden. Seharusnya KPK sejak lama bisa cepat mengusut kasus Century dengan tuntas. Chandra juga menjelaskan KPK kini hanya berani menjerat Budi Mulya.

"Yang diambil adalah Pak Budi Mulya, karena mungkin Pak Budi Mulya mungkin yang paling lemah backing-nya," kata Chandra.

Diketahui sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memerintahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa dan menetapkan status tersangka kepada mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono atas dugaan tindak pidana korupsi Bank Century.

Wakil Ketua KPK Laode Syarif mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih mempelajari putusan PN Jakarta Selatan. Namun KPK memastikan bakal menindaklanjuti setiap perkara yang sudah memenuhi syarat hukum.

"Putusan praperadilan yang memerintahkan KPK untuk mentersangkakan kembali Pak Boediono itu masih sementara kita pelajari. Tetapi pada intinya adalah bahwa setiap putusan pengadilan maupun hasil penyelidikan dan penyidikan di KPK itu telah memenuhi unsur-unsur, rumusan tipikor, pasti itu akan ditingkatkan atau dilaksanakan," tandas Laode Syarif saat ditemui wartawan usai bicara dalam FGD Pilkada Berintegritas di kampus Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin, Senin, (16/4). [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini