Mangkir Pemeriksaan Kasus Nurhadi, Pemilik Bank Yudha Bakti Diultimatum KPK

Jumat, 26 Juni 2020 20:38 Reporter : Merdeka
Mangkir Pemeriksaan Kasus Nurhadi, Pemilik Bank Yudha Bakti Diultimatum KPK KPK. ©2017 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Pemilik Bank Yudha Bakti, Mindharta Gozali mangkir dari pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedianya, Mindharta Gozali akan diperiksa dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait dengan perkara di Mahkamah Agung pada tahun 2011-2016 yang menjerat mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi pada Kamis, 25 Juni 2020 kemarin.

"Namun yang bersangkutan tidak hadir tanpa adanya keterangan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (26/6).

Dia mengatakan, tim penyidik sudah menjadwalkan pemeriksaan ulang terhadap Mindharta Gozali pada Selasa, 30 Juni 2020 mendatang. Ali menyarankan Mindharta Gozali hadir memenuhi panggilan penyidik.

"KPK mengingatkan agar yang bersangkutan dan pihak-pihak lain untuk hadir memenuhi panggilan penyidik karena ada konsekuensi hukum apabila tidak hadir tanpa keterangan," tegasnya.

KPK menegaskan tengah mendalami dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan sang istri, Tin Zuraida.

Ali mengungkapkan, saat ini penyidik KPK telah memeriksa beberapa pihak untuk mendalami aset-aset Nurhadi dan Tin yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi dan disamarkan atas nama pihak lain.

"Penelusuran lebih lanjut mengenai hal tersebut untuk lebih mengembangkan pemeriksaan adanya peristiwa dugaan TPPU," jelasnya.

Dia menyebut, pemeriksaan para saksi dilakukan untuk menemukan minimal dua alat bukti untuk mengembangkan kasus ini.

"Apabila kemudian ditemukan setidaknya dua alat bukti permulaan yang cukup, maka KPK tentu akan menetapkan tersangka TPPU dalam kasus tersebut," katanya.

Baca Selanjutnya: Dalam kasus ini KPK menetapkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini