Manajer Bandara Soekarno-Hatta Sebut Ratusan Ribu Massa Rizieq Sudah Ramai H-1

Senin, 12 April 2021 14:32 Reporter : Henny Rachma Sari
Manajer Bandara Soekarno-Hatta Sebut Ratusan Ribu Massa Rizieq Sudah Ramai H-1 Habib Rizieq tiba di Bandara Soekarno-Hatta. ©Liputan6.com

Merdeka.com - Pengadilan Negeri Jakarta Timur menghadirkan Senior Manager of Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta Oka Setiawan pada persidangan mantan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab. Pada kesaksiannya, ia menyebut terdapat ratusan ribu massa simpatisan melakukan penjemputan kedatangan Rizieq.

"Pada saat tanggal 10 itu berjalan dengan tertib sampai area kedatangan terminal. Tapi pada kenyataannya, rencana kita dari malam sampai pagi, simpatisan itu cukup banyak jumlahnya, ratusan ribu," kata Oka Setiawan, seperti dikutip Antara, Senin (12/4).

Oka Setiawan mengatakan bahwa massa simpatisan Rizieq bahkan telah datang ke Bandara Soekarno-Hatta satu hari sebelum kedatangan pada 10 November 2020.

"Pada saat tanggal 10 itu, kalau boleh kami ceritakan kondisi di bandara sangat ramai. Sebenarnya itu bermula dari tanggal 9 (November 2020)," ujar Oka Setiawan.

Dia menambahkan bahwa massa simpatisan Rizieq juga datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Jadi H-1 tanggal 9 itu sekitar pukul 9 malam sudah banyak sekali orang yang akan menjemput dari berbagai daerah. Kami tanya, juga ada dari luar daerah," jelasnya.

Lebih lanjut, Oka mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi seperti berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI yang bertugas mengamankan di bandara.

Meskipun upaya itu pada akhirnya tidak bisa membendung massa simpatisan yang datang ke bandara.

"Kami telah lakukan penyekatan," kata dia.

Pengadilan Negeri Jakarta Timur kembali menggelar sidang lanjutan Rizieq dengan agenda pemeriksaan saksi dari pihak JPU.

Para saksi akan memberikan kesaksian mereka untuk tiga perkara yaitu dengan nomor 221, 222 dan 226.

Perkara nomor 221 dan 222 terkait kasus kerumunan masyarakat di Petamburan, Jakarta Pusat, dengan terdakwa Rizieq Syihab dan lima orang lainnya.

Sementara perkara nomor 226 untuk kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, dengan terdakwa Rizieq Syihab. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini