Mampir di Sintang, kota eksotis berbatasan langsung dengan Malaysia

Reporter : Anwar Khumaini | Kamis, 22 Desember 2016 12:31
Mampir di Sintang, kota eksotis berbatasan langsung dengan Malaysia
Tim merdeka.com dengan Wakil Bupati Sintang. ©2016 Merdeka.com/Anwar

Merdeka.com - Tidak banyak orang tahu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat memiliki banyak potensi yang bisa digali. Selain memiliki tempat-tempat wisata yang eksotis, Kabupaten Sintang Merupakan kabupaten satu-satunya di Indonesia yang memiliki hutan alami di tengah kota.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Sintang, Askiman kepada merdeka.com di rumah dinasnya di Sintang, Kalimantan Barat belum lama ini.

"Kalau di Bogor itu kan hutan buatan, kalau kita alami asli hutan kota," kata Askiman.

Karena memiliki hutan alami di tengah kota yang nota bene satu-satunya di Indonesia, Askiman mengaku akan terus mempromosikan keberadaan hutan kota ini kepada seluruh masyarakat Indonesia. "Hutan wisata ini akan terus kita kembangkan," ujarnya.

Selain hutan wisata, Sintang juga dikenal karena memiliki perkebunan kelapa sawit yang luas. Total ada 58 perusahaan yang mengelola perkebunan kelapa sawit di daerah ini.

"Investor kelapa sawit di sini terbesar di Kalbar, total ada 58 perusahaan," ungkap Askiman.

Ke depan, Askiman berjanji akan semakin memperkenalkan Sintang ke publik. Bukan cuma kegiatan apa yang dilakukan oleh pejabat setempat, tetapi lebih banyak mempromosikan potensi sumber daya alam di Kabupaten Sintang.

"Jadi yang kita publikasikan adalah apa potensi di Sintang, bukan bupati kunjungan ke mana," ujarnya.

Salah satu upaya yang akan dia lakukan, yakni akan mengembangkan wisata sungai dan danau dengan memanfaatkan potensi alam yang ada.

Tim merdeka.com dengan Wakil Bupati Sintang 2016 Merdeka.com/Anwar

"Kita ada motor Bandung (semacam perahu motor). Nanti akan dibikin kamar-kamar untuk duduk santai. Menuju Danau Sentarum yang berada di Kapuas Hulu," kata Askiman.

Kabupaten Sintang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Memiliki luas wilayah 21.635 km dan berpenduduk sebesar 365.000 jiwa, kabupaten ini beribukota di Kota Sintang. Adapun suku terbesar yang mendiami Kabupaten Sintang adalah suku Dayak dan Melayu, selain juga ada beberapa suku lainnya seperti Tionghoa.

Pada tahun 2005, Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang terbagi menjadi 14 kecamatan, 6 kelurahan, dan 183 desa. Kecamatan terluas adalah Kecamatan Ambalau dengan luas 29,52 persen dari total luas wilayah Kabupaten Sintang, sedangkan luas masingmasing kecamatan lainnya hanya berkisar 129 persen dari luas Kabupaten Sintang. Secara umum Kabupaten Sintang luasnya hampir menyamai luas Provinsi Sumatera Utara.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Sintang merupakan perbukitan dengan luas sekitar 22.392 km2 atau sekitar 69,37 persen dari luas Kabupaten Sintang (32.279 km2). Kabupaten Sintang merupakan kabupaten terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Barat, setelah Kabupaten Ketapang. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia. Mata pencaharian utama masyarakat di kawasan ini adalah petani sawit dan karet.

[hrs]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE