'Malaysia harus hormati lambang negara Indonesia'

Senin, 21 Agustus 2017 11:45 Reporter : Lolita Sianipar
'Malaysia harus hormati lambang negara Indonesia' Urgyen Rinchen Sim. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bendera Indonesia yang dicetak terbalik pada buku panduan yang dibagikan kepada para pejabat dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8) menjadi sorotan. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyesalkan terbaliknya desain bendera Indonesia di buku pandua Sea Games 2017. Penyesalan Menpora diunggah melalui akun media sosial Twitter miliknya.

"Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astaghfirullaah...," kicaunya, Sabtu (19/8) kemarin.

Kendati demikian, Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin langsung memberikan permohonan maafnya atas kejadian tersebut. Ia membalas apa yang diunggah Imam Nahrawi melalui akun Twitter pribadinya.

"Bapak Imam, Please accept my sincere apologies for this. Sesungguhnya tiada niat jahat. Saya amat kesal dengan kesilapan ini. Mohon maaf," tulisnya.

Buku panduan ini dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017. Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia dicetak terbalik, yakni menjadi putih diatas merah dibawah.

Saya kira ini sangat teledor dan ceroboh sekali. Hal ini mencederai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang, suara geram Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Imam Nahrawi, yang telah dilansir oleh Antaranews.

Di tempat terpisah, tokoh pemuda Indonesia yang juga merupakan promotor olah raga tinju, Urgyen Rinchen Sim atau biasa disapa Simon juga sangat menyayangkan insiden tersebut. Menurutnya, bendera adalah lambang negara yang harus dihormati.

Karena Bendera adalah lambang Negara dan kehormatan sebuah Bangsa. Sebagai Negara sahabat seharusnya hal ini tidak boleh terjadi," ujar Simon.

"Saya pikir sebagai Bangsa yang besar dan bermartabat, paling tidak kita harus mengirimkan surat protes resmi Negara agar menjadi perhatian yang serius ke depannya," kata pria lulusan West Palm Beach, Florida, USA tersebut.

Simon mengapresiasi sudah terjadinya pertemuan antara Menteri Sukan dan Belia Malaysia Khairy Jamaluddin dan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Imam Nahrawi .

"Ini sudah merupakan bagian dari Diplomasi sebagai Negara Sahabat," imbuh International Renowned Boxing Advisor ini.

Untuk diketahui, Urgyen Rinchen Sim atau Simon ini merupakan kunci penting yang berperan mengubah penampilan atlet tinju Indonesia, Daud Cino Yordan, Juara Dunia IBO. Dia juga banyak me-manage petinju mancanegara lainnya. [war]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini