Maki Serahkan 100 Ribu Dolar Singapura ke KPK

Rabu, 7 Oktober 2020 12:51 Reporter : Bachtiarudin Alam
Maki Serahkan 100 Ribu Dolar Singapura ke KPK Boyamin Saiman. ©2016 merdeka.com/rizky erzi andwika

Merdeka.com - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) Bonyamin Saiman menyampaikam akan menemui tim penerimaan pelaporan gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyerahan uang sebesar 100.000 dolar Singapura yang diterimanya. Penyerahan uang ini merupakan tindak lanjut laporan dugaan gratifikasi yang telah disampaikan kepada KPK beberapa waktu lalu.

"Kami akan membawa uang 100.000 dolar Singapura tersebut," kata Boyamin melalui keterangan tertulis, Rabu (7/10).

Sebelumnya, Boyamin berharap uang yang akan diserahkan ini masuk kategori gratifikasi.

"Atas uang 100.000 Dolar Singapura tersebut, Saya berkehendak menyerahkan kepada KPK untuk diperlakukan sebagai gratifikasi yang kemudian uang tersebut diserahkan kepada negara," kata Boyamin pada Senin (5/10) lalu.

Boyamin memahami dirinya bukan seorang penyelenggara negara yang memiliki kewajiban melaporkan penerimaan gratifikasi. Namun, lantaran dirinya merupakan pegiat antikorupsi, maka pelaporan tersebut dia lakukan.

"Selanjutnya saya memohon untuk dikabulkan penyerahan uang tersebut kepada KPK dan menyerahkan sepenuhnya kepada KPK untuk memperlakukan uang tersebut berdasar ketentuan yang berlaku," kata dia.

Boyamin bercerita ihwal penerimaan uang 100.000 dolar Singapura tersebut. Dia mengaku menerima uang tersebut pada 21 September 2020.

Dia menyebut saat itu sudah berusaha menolak pemberian uang tersebut namun rupanya uang itu disisipkan di tas miliknya oleh pemberi.

"Saya menerima pemberian sejumlah 100.000 Dolar Singapura dari beberapa orang yang diperkirakan terkait dengan perkara terpidana Djoko Soegiarto Tjandra," kata dia. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini