Mahfud Tegaskan Dunia Sedang Hadapi Ancaman Transaksi Finansial Teroris

Kamis, 7 November 2019 11:59 Reporter : Merdeka
Mahfud Tegaskan Dunia Sedang Hadapi Ancaman Transaksi Finansial Teroris Menko Polhukam Mahfud Md. ©2019 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud Md menilai teroris memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memperkuat jaringannya, terutama dalam kekuatan finansial. Karena itu, dia meminta semua pihak untuk dapat mencegah tumbuhnya jaringan teroris dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Adapun ini disampaikannya saat menghadiri Konferensi Internasional dengan tema No Money For Terror di Melbourne, Australia.

"Dalam pidato sebagai Menko Polhukam, saya menekankan bahwa sekarang ini dunia teknologi informasi dan komunikasi memudahkan orang di seluruh dunia melakukan transaksi keuangan melalui internet. Hal ini memang menolong umat manusia untuk lebih mudah menyelesaikan urusan-urusan keuangannya, termasuk cara berbisnis secara instan," kata Mahfud saat dihubungi, Kamis (7/11/2019).

"Tetapi, pada saat yang sama kemajuan IT itu sering juga digunakan oleh kelompok teroris untuk kegiatan terorisme," lanjut dia.

1 dari 2 halaman

Jual Beli Senjata

Dia menerangkan, banyak teroris memanfaatkan ini untuk transfer uang guna jual beli senjata secara ilegal.

"Pelatihan militer serta untuk kelompok teroris dan lain-lain. Itu semua dibungkus melalui transaksi bisnis atau pengiriman uang melalui kegiatan dagang secara terpecah-pecah," ungkap Mahfud.

2 dari 2 halaman

No Money for Terror

Dia menyebut, bahwa ancaman transaksi finansial ini dihadapi hampir seluruh dunia. Karena itu, sekarang sudah waktunya untuk bertindak mencegah semua itu terjadi.

"Seluruh dunia menghadapi ancaman transaksi finansial kaum teroris yang seperti ini. Itulah sebabnya, kita harus bertindak dengan fokus no money for terror," pungkasnya.

Diketahui acara ini diikuti oleh 77 negara dari lima benua. Ada juga utusan dari PBB yang menangani masalah-masalah teror yang bersifat lintas negara. [ded]

Baca juga:
Menko Polhukam Anggap Wajar Ada Penolakan Rencana Pemekaran Papua
Mahfud MD Persilakan Reuni 212 Digelar
Jokowi Pilih Dewan Pengawas KPK, Mahfud Tegaskan Hanya Menjalankan Undang-undang
Menko Polhukam Mahfud Md Dukung Jokowi Keluarkan Perppu KPK
Hadiri APSC ke-20, Menko Polhukam Ajak ASEAN Tingkatkan Mekanisme Pemantauan Wilayah
Jaga Iklim Investasi, Menko Polhukam Pastikan Keamanan di Indonesia

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini