Mahfud Minta Rizieq Syihab Kooperatif Penuhi Panggilan dan Keperluan Tracing

Minggu, 29 November 2020 20:38 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Mahfud Minta Rizieq Syihab Kooperatif Penuhi Panggilan dan Keperluan Tracing Menko Polhukam Mahfud MD. ©2020 Merdeka.com/Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud MD meminta agar Rizieq Syihab untuk kooperatif dalam rangka penegakan hukum untuk melakukan tracing. Hal tersebut bertujuan untuk keselamatan masyarakat.

"Sebab itu maka dimohonkan kepada saudara Muhammad Rizieq Syihab untuk koperatif dalam rangka penegakan hukum. Kalau merasa diri sehat tentunya tidak keberatan untuk memenuhi panggilan aparat hukum memberikan keterangan keterangan hukum yang diberikan demi keselamatan bersama," katanya saat konferensi pers melalui akun Youtube BNPB, Minggu (29/11).

Dia menjelaskan, walaupun Rizieq merasa sehat tetap harus kooperatif. Sebab bisa saja Rizieq tertular dari orang lain.

"Bisa saja karena beliau adalah tokoh menjadi kerumunan bisa saja beliau terancam ditulari oleh orang lain karena berkaitan dengan orang-orang banyak yang secara teknik kesehatan sangat membahayakan," jelasnya.

Mahfud mengatakan, pemerintah akan melakukan langkah dan tindakan tegas bagi siapa pun yang melanggar ketentuan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Dia juga menjelaskan dalam keadaan wabah penyakit menular saat ini Menteri Kesehatan bisa mengecualikan kerahasiaan pasien sesuai dengan Permenkes No 36 tahun 2012 tentang Rahasia Kedokteran. Hal tersebut diberikan pengecualian terkait kejadian penyakit menular.

Aturan itu tertuang pada pembukaan rahasia kedokteran dalam rangka kepentingan umum sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan tanpa membuka identitas pasien. b. ancaman Kejadian Luar Biasa/wabah penyakit menular.

"Apabila Kemkes dan BSSN tidak mau membuka data meskipun ada pengecualian di atas dan Kemkes dan BSSN tidak mau menggunakan itu, maka Satgas bisa menggunakan hukum UU Bencana sehingga data pasien bisa dibuka," tutup Mahfud. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini