Mahfud MD: Veronika Koman Punya Utang ke Indonesia

Rabu, 12 Februari 2020 14:46 Reporter : Merdeka
Mahfud MD: Veronika Koman Punya Utang ke Indonesia Mahfud MD. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud Md menyebut pengacara hak asasi manusia Veronica Koman sosok pengingkar janji. Dia mengatakan bahwa Veronica selama ini mendapatkan beasiswa dari pemerintah namun tak pernah kembali ke Indonesia.

"Veronica Koman itu adalah seorang pengingkar janji terhadap pemerintah RI, dia bersekolah, mendapat beasiswa dari Indonesia dan tidak kembali," kata Mahfud Md di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/2).

"Artinya dia secara hukum dia punya utang terhadap Indonesia. Meskipun bentuknya beasiswa karena dia punya kontrak di sini," sambung dia.

Mahfud menyesalkan sikap Veronica Koman yang seolah-olah bergerak sebagai pembela Papua Merdeka. Menurut dia, sikap Veronica itu justru menjelek-jelakkan Indonesia.

"Veronica Koman itu adalah seorang yang selalu menjelek-jelekan Indonesia dan antiIndonesia, selalu papua," ucapnya.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, melalui keterangan tertulis Veronica menyatakan telah menyerahkan dokumen yang memuat nama dan lokasi puluhan tahanan politik Papua kepada Jokowi melalui tim yang ada di Canberra, Australia. Jokowi diketahui tengah melakukan kunjungan kerja ke Australia sejak 7 hingga 10 Februari 2020.

Mahfud yang ikut dalam kunjungan ke Canberra mengakui bahwa memang banyak orang yang berebut salam, memberikan amplop dan surat kepada Jokowi. Namun, dia menyebut tidak ada dokumen dari Veronica Koman yang diterima secara resmi oleh pemerintah.

Dia menuturkan bisa saja dokumen itu belum dibuka atau hanya klaim sepihak saja dari Veronica Koman. Kalaupun memang ada, Mahfud menganggap dokumen itu tidak penting.

"Belum dibuka kali suratnya. Suratnya kan orang banyak. Rakyat biasa juga ngirim surat ke Presiden. Kalau memang ada sampah sajalah itu," ujar Mahfud di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa 11 Februari 2020.

Reporter: Lizsa Egeham (Liputan6.com) [eko]

Baca juga:
Kapolda Jatim akan Jemput Sendiri Veronica Koman Jika Pulang Ke Indonesia
Mahfud MD Buka Suara Soal Veronica Koman: Dia Ingkari Janjinya Kembali ke Indonesia
Dubes Australia Tegaskan Negaranya Tetap Dukung Kedaulatan Indonesia Atas Papua
Veronica Koman Dianugerahi Penghargaan HAM dari Australia karena Bela Papua
Veronica Koman Ngadu Soal Isu Papua ke Parlemen Australia
Veronica Koman Menolak Bungkam Kabarkan Soal Papua Meski Diancam Dibunuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini