Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Membiarkan Orang Kritik Tanpa Data

Jumat, 22 Oktober 2021 12:21 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Membiarkan Orang Kritik Tanpa Data Menkopolhukam Mahfud MD. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menepis tuduhan pemerintah anti kritik dalam menjawab kritikan. Dia menegaskan, pemerintah selalu siap menerima kritik dari masyarakat.

Mahfud bahkan menyatakan, pemerintah tidak boleh tertutup pada kritik. Dia justru mengaku senang jika ada kritik dari masyarakat.

“Karena bagi saya banyak kritik itu kerjaan jadi ada, tidak nganggur. Tetapi jangan pula diartikan bahwa kalau pemerintah terbuka terhadap kritik lalu tidak boleh menjawab, tidak boleh memberi kritik balik,” kata Mahfud dalam pidatonya pada acara Silahturahim Menko Polhukam dengan Senat Akademik dan Dewan Profesor Undip dan Forkopimda Jawa Tengah yang ditayangkan YouTube Undip TV Official, Jumat (22/10).

Dia mencontohkan kritik balik yang dilakukan pemerintah. Misal ada kritik yang masuk tetapi tanpa data yang valid. Wajar jika pemerintah membalas kritik dengan kritik. Namun sayang, balasan kritik itu kerap diartikan sebagai antikritik.

“Jangan kalau dikiritik ya diam, jangan represif orang ditindak, tapi juga meskipun membiarkan bukan berarti membiarkan orang mengkritik tanpa data, tanpa fakta yang masuk akal,” jelas Mahfud.

Mahfud pun menganggap yang terpenting adalah melihat Pancasila mempersatukan masyarakat untuk satu tujuan sama. Dengan hal tersebut dia yakin dapat melangkah bersama dengan pedoman hukum yang sama.

"Yang penting dari itu semua Pancasila itu menjadi menjalankan fungsi integratifnya pemersatu kita kemudian kita melangkah bersama dengan pedoman-pedoman hukum yang sama," pungkasnya. [rnd]

Baca juga:
Komnas HAM: Pesan Jokowi Terbuka dengan Kritik Tak Dipahami Polisi
Mahasiswa Bentangkan Poster Sambut Jokowi Ditangkap, DPR Minta Polisi Tak Represif
Istana Tegaskan Jokowi Tak Pernah Tersinggung dengan Kritik Mahasiswa
Mural Jokowi 404 Not Found Bukan Menghina, Tak Semua Orang Harus Suka dengan Jokowi
Polisi Buru Pembuat Mural Kritik Pemerintah, Demokrat Sebut Ekspresi Rakyat Dikekang
IPW Soal Pembuat Mural Jokowi Diburu: Mengesankan Kita Bukan Negara Demokrasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini