Mahfud MD: Nama Calon Kapolri yang Beredar Masih Spekulasi

Selasa, 12 Januari 2021 10:38 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Mahfud MD: Nama Calon Kapolri yang Beredar Masih Spekulasi Mahfud MD. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan, hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menyerahkan nama calon Kapolri kepada DPR. Dia menilai nama yang beredar saat ini masih spekulasi.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," katanya dalam akun twitternya, Selasa (12/1).

Dia juga menuturkan saat ini Jokowi masih mempertimbangkan nama yang akan diberikan pada DPR. Sehingga bisa mendapatkan nama terbaik pengganti Jendral Idham Azis.

"Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," ujarnya.

Mahfud menjelaskan, Jokowi memiliki cara khas kala memilih pejabat. Di mana biasanya mantan Wali Kota Solo itu akan meminta dibuatkan draf surat pengusulan yang berisikan nama calon kandidat.

"Pada saat yang tepat beliau tandatangani salah satu sedang draf surat yang tidak ditandatangani dimusnahkan. Jadi tak ada yang tahu kecuali setelah diumumkan secara resmi," tutupnya

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memilih satu nama untuk menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang masuk masa pensiun. Dia adalah Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Seorang politikus partai penguasa di parlemen membenarkan kabar tersebut. Nama Sigit yang telah dipilih oleh Jokowi.

"Iya (Sigit dipilih Jokowi)," kata Politikus yang bernaung di Komisi hukum DPR ini, Senin (11/1).

Politikus ini mengakui memang sejauh ini Jokowi belum mengirimkan surat kepada DPR tentang calon Kapolri. Namun, menurut dia, surat itu dijadwalkan bakal dikirim pada Rabu 13 Januari 2020 nanti.

"Rabu (dikirim)," katanya.

Anggota Komisi III DPR, Jazilul Fawaid membenarkan informasi, Presiden Jokowi akan mengirim surat terkait calon Kapolri pada lusa.

"Insya Allah, Kita tunggu saja Rabu keramat. Hari Rabu wage cocok untuk kirim surat penting untuk pekerjaan besar," kata Jazilul. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini