Mahfud MD Minta Penegak Hukum Transparan Dalam Bekerja karena Dikontrol Masyarakat

Kamis, 2 Desember 2021 11:28 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Mahfud MD Minta Penegak Hukum Transparan Dalam Bekerja karena Dikontrol Masyarakat Mahfud MD. ©2021 Dok. Polhukam

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, masyarakat saat ini dapat mengontrol kinerja aparat penegak hukum. Oleh sebab itu, Mahfud MD berharap aparat penegak hukum keluar dari cara pandang lama dan usang.

"Karena sekarang ini sudah mulai dikontrol oleh masyarakat. Begitu Anda berlaku konservatif, masyarakat sudah lebih dulu tahu bahwa Anda main-main," kata Mahfud MD di acara Bincang Stranas PK - Cegah Korupsi Melalui Digitalisasi Penanganan Perkara Dan Penguatan Integritas Aparat Penegak Hukum, dalam saluran YouTube StranasPK Official, Kamis (2/12).

Mahfud MD meminta agar para penegak hukum transparansi dan akuntabilitas dalam bekerja. Sebab secara tidak langsung saat ini seluruh pihak dituntut terbuka dalam melakukan apapun.

"Karena kita tidak bisa menghindarkan diri dari tuntutan transparansi ini. Sekarang semua serba terbuka. Anda menutupi orang lain akan membukanya," ujar dia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut tidak hanya transparansi dan akuntabilitas dengan adanya teknologi serta informasi yang matang. Dia meyakini dengan didukung sistem peradilan pidana terpadu para penegak hukum bisa mengubah cara pandang untuk menegakan hukum secara profesional.

"Saya yakin kita semua mampu mari kita bersama mempersiapkan diri kita mengubah cara pandang kita, memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu kita menegakan hukum secara profesional dan modern," tutup dia.

Baca juga:
Mahfud Sebut Pemimpin di Daerah Masih Ada yang Tempatkan Diri Sebagai Penguasa
Mahfud MD Minta Gubernur Pantau Daerah yang Belum Lakukan Reformasi Birokrasi
UU Cipta Kerja Inkonstitusional, Mahfud MD Jamin Investasi di RI Tetap Aman
Mahfud Harap Banyak Ulama Moderat, Tidak Usil Kepada Orang Beda Agama
Mahfud MD dan Panglima TNI Bertemu Bahas Penanganan Papua dan Pelanggaran HAM

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini