Mahfud MD klaim pertama kali gulirkan kasus suap Akil

Kamis, 7 November 2013 03:21 Reporter : Parwito
Mahfud MD klaim pertama kali gulirkan kasus suap Akil rapat majelis kehormatan MK. ©2013 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD membantah jika dirinya melanggar kode etik karena bertemu dengan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mahfud menganggap tudingan Akil Mochtar melalui pengacaranya Tamzil Syoekoer adalah fitnah besar.

"Dia menuduh begini, Pak Mahfud juga melanggar kode etik karena pernah bertemu dengan komisioner KPK. Saya katakan itu fitnah besar," ungkap Mahfud MD kepada wartawan usai mengisi acara Refleksi Hari jadi Kabupaten Temanggung di pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (6/11).

Mahfud bahkan mengakui jika dirinya tidak hanya pernah bertemu dengan Komisioner KPK melainkan sering bertemu. Bahkan mengundang Komisioner KPK ke kantornya saat dirinya aktif menjadi ketua MK.

"Saya bukan pernah bertemu dengan komisioner tetapi sering bertemu. Bukan pernah. Sering bertemu dengan komisioner KPK. Jadi memangnya kenapa kalau ketemu? Di mana-mana, di Istana, di kantor KPK pernah, di kantor MK saya undang ketua KPK di kantor pernah. Sesudah saya menjadi ketua pernah, sebelum menjadi ketua pernah," ungkap Mahfud.

Bahkan Mahfud mempertanyakan kepada pengacara Akil Mochtar, di mana letak pelanggaran kode etiknya jika dirinya bertemu dengan komisioner KPK.

"Memang kenapa? Di mana pelanggaran kode etiknya? Saya juga ketemu dengan presiden, presiden tiap hari punya perkara. Judicial review itu perkara," tegasnya.

Mahfud bahkan berani menyatakan pertemuannya dengan salah satu ketua KPK membicarakan tentang tiga isu kasus suap di lingkungan MK. Salah satunya adalah kasus suap Akil Mochtar

"Saya berkali-kali bertemu dan di antara yang bertemu dengan pimpinan KPK melaporkan kasus, antara lain melaporkan kasus Akil Mochtar. Tiga kasus yang saya sampaikan itu antara lain kasus Akil Mochtar," jelasnya.

Namun, Mahfud tidak membenarkan jika pertemuannya dengan komisioner KPK juga membicarakan soal suap terkait kasus Akil Mochtar. Yang dibicarakan Mahfud dengan pimpinan KPK adalah soal isu suap terkait kasus Akil Mochtar

"Ndak ada, uang-uang suap apa. Tidak ada pembicaraan soal uang suap. Saya bicara ada isu ini hakim ada isu. Saya laporkan ke KPK saat itu. Itulah saya bertemu pimpinan KPK," pungkasnya. [tyo]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini