Mahfud MD: Kericuhan Usai Laga Arema FC vs Persebaya Bukan Bentrok Antarsuporter

Minggu, 2 Oktober 2022 08:26 Reporter : Ronald
Mahfud MD: Kericuhan Usai Laga Arema FC vs Persebaya Bukan Bentrok Antarsuporter Laga Arema FC-Persebaya Berakhir Rusuh. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menkopolhukam Mahfud MD ikut menanggapi kericuhan usai laga Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu (1/10). Sebanyak 127 orang meninggal dunia dan 180 mengalami luka-luka akibat kericuhan itu.

Mahfud MD menyesalkan peristiwa tersebut. Dia menegaskan, tragedi ini bukan karena bentrok antara supporter Persebaya dengan Arema.

"Perlu saya tegaskan bahwa tragedi Kanjuruhan itu bukan bentrok antar supporter Persebaya dengan Arema. Sebab pada pertandingan itu supporter Persebaya tidak boleh ikut menonton. Supporter di lapangan hanya dari Arema," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (2/10).

Mahfud MD menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Ia juga berharap agar keluarga korban bersabar dan terus berkoordinasi dengan aparat dan petugas pemerintah di lapangan.

"Pemda Kabupaten Malang akan menanggung biaya rumah sakit bagi para korban," katanya.

2 dari 2 halaman

Sudah Diantisipasi Tapi Tetap Ricuh

Mahfud menegaskan, aparat keamanan sudah mengantisipasi kericuhan usai laga Arema FC dan Persebaya Surabaya dengan melakukan koordinasi dan persiapan teknis di lapangan. Dia mengambil contoh, pertandingan dilaksanakan sore hari bukan malam. Selain itu, jumlah penonton disesuaikan dengan kapasitas stadion yakni 38.000 orang.

"Tapi usul-usul itu tidak dilakukan oleh panitia yang tampak sangat bersemangat. Pertandingan tetap dilangsungkan malam, dan ticket yang dicetak jumlahnya 42.000," ujarnya.

Mahfud mengatakan, pemerintah telah melakukan perbaikan pelaksanaan pertandingan sepak bola. Hanya saja, antusias suporter sering kali berujung kericuhan.

"Tetapi olahraga yang menjadi kesukaan masyarakat luas ini kerap kali memancing para supporter untuk mengekspresikan emosi secara tiba-tiba," pungkasnya. [tin]

Baca juga:
Manajemen Bentuk Crisis Centre Buntut Laga Arema FC vs Persebaya Berakhir Ricuh
Memahami Aturan FIFA soal Penggunaan Gas Air Mata oleh Aparat saat Amankan Sepak Bola
Detik-Detik Mencekam Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Usai Arema vs Persebaya
Kericuhan Usai Laga Arema FC vs Persebaya, Banyak Suporter Jatuh dan Terinjak
Detik-Detik Pecahnya Kericuhan Usai Laga Arema FC vs Persebaya
Kronologi Kericuhan Usai Laga Arema FC vs Persebaya yang Telan 127 Korban Jiwa
PSSI Larang Arema jadi Tuan Rumah hingga Akhir Musim Liga 1

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini