Mahfud MD hingga Ganjar hadiri Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila di Malioboro

Selasa, 7 Agustus 2018 20:54 Reporter : Purnomo Edi
Mahfud MD hingga Ganjar hadiri Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila di Malioboro Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Ribuan masyarakat Yogyakarta berbaur menjadi satu di Jalan Malioboro dalam acara bertajuk Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila, Selasa (7/8) malam. Masyarakat dari berbagai wilayah di DIY ini berbaur menjadi satu bersama Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X menikmati nasi tumpeng di sepanjang Jalan Malioboro.

Menurut Ketua Koordinator Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila, Widihasto Wasana Putra mengatakan bahwa acara tersebut merupakan rangkaian peringatan Bulan Pancasila di DIY. Rangkaian acara sudah dimulai sejak 1 Juni 2018 yang lalu dengan menggelar konser akbar dengan penampil utama Slank.

"Ini merupakan rangkaian Bulan Pancasila 2018. Acara ini adalah kerja kolaboratif berkelanjutan antar kelompok masyarakat di DIY. Seluruh kegiatan ini menyasar sasaran anak muda. Tujuannya agar rasa cinta Pancasila tumbuh di kalangan anak muda," ujar Widihasto.

Widihasto menerangkan ada 17 titik tumpeng di sepanjang Jalan Malioboro. Ada 357 buah tumpeng yang dibagikan di sepanjang Jalan Malioboro.

"Tumpeng ini merupakan hasil gotong royong masyarakat Yogyakarta. Dari target 170 buah tumpeng di sepanjang Malioboro ternyata hingga sore ini terkumpul 357 buah tumpeng dari sumbangan masyarakat," ujar Widihasto.

Selain Sultan, turut hadir di acara ini adalah istri Sultan HB X, GKR Hemas, mantan Ketua MK Mahfud MD, Wakil Gubernur DIY, Pakualam X, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan pejabat lainnya wilayah DIY. Para pejabat ini duduk bersama masyarakat dan turut menikmati nasi tumpeng yang disediakan di jalan Malioboro. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini