Mahasiswa tuntut pelurusan sejarah 30S PKI & Kesaktian Pancasila

Selasa, 1 Oktober 2013 11:40 Reporter : Kresna
Mahasiswa tuntut pelurusan sejarah 30S PKI & Kesaktian Pancasila Demo sejarah PKI mahasiswa di Yogya. ©2013 Merdeka.com/Kresna

Merdeka.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Front Aksi Mahasiswa Yogyakarta dan PMII UIN Sunan Kalijaga menggelar aksi turun ke jalan, menuntut pelurusan sejarah hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober.

Mereka menggelar aksi di pertigaan kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Para mahasiswa itu menilai sejarah 30S PKI dan 1 Oktober merupakan manipulasi sejarah yang dilakukan oleh Soeharto.

Koordinator Umum Aksi, Fauzan Adhim mengatakan selama ini masyarakat Indonesia dibohongi dengan sejarah yang dibentuk oleh Soeharto.

"Sejarah kita telah dimanipulasi oleh Soeharto, dengan alasan menegakkan Pancasila, Soeharto melakukan pembantaian masal lalu mengukuhkan diri sebagai penegak Pancasila," ujarnya.

Selain menuntut pelurusan sejarah mereka juga menuntut agar pemaknaan Pancasila dikembalikan seperti ketika diperkenalkan Bung Karno sebagai dasar negara. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Hari Kesaktian Pancasila
  2. G30S
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini