Mabes Polri sebut Ika Pupitasari 'pengantin' bom di luar Jawa

Senin, 19 Desember 2016 13:45 Reporter : Juven Martua Sitompul
Mabes Polri sebut Ika Pupitasari 'pengantin' bom di luar Jawa Ilustrasi Teroris. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Detasemen Khusus (Densus) menangkap terduga teroris perempuan Ika Puspitasari (34) warga Dusun Tegalsari, Desa Brenggong, Kabupaten Purworejo, Kamis (15/12) lalu. Hasil pemeriksaan sementara diketahui, Ika ternyata bakal dijadikan 'pengantin' bom yang akan melakukan aksi amaliyah di luar pulau Jawa.

Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, mengatakan selain menangkap Ika, pihak Densus juga menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya, buku, telepon seluler, paspor dan identitas terduga teroris.

"‎Update kasus terorisme yang belakangan dilakukan Densus 88, mulai dari bom Panci Bekasi hingga di Solo pada Minggu (18/12/2016) kemarin, didapatkan ada dua calon pengantin yang seluruhnya perempuan," kata Martinus di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/12).

Dikatakan Martinus, jaringan teroris Bekasi ini ternyata menyediakan dua 'pengantin' bom. Pertama, Dian Yulia Novi yang lebih dulu ditangkap di Bekasi dan Ika di Purworejo.

Setelah menangkap Ika, Densus kembali mengungkap jaringan teroris Bekasi dengan menangkap dua terduga teroris yakni Tri Setiyo (29) dan Yasir (29). Keduanya ditangkap di lokasi yang berbeda di Solo.

Martinus menuturkan selain menangkap Densus juga melakukan penggeledahan. Penggeledahan pertama dilakukan di rumah Tri Setiyo, dari sana disita bahan kimia, paku seberat 10 kg, telepon seluler dan paralon. Sedangkan dari rumah Yasir, Densus mengamankan sejumlah dokumen antara lain empat paspor milik Yasir.

"TS dan YSR ini hasil pengembangan dari yang di Purworejo. TS dan YSR berperan sebagai peracik bom yang akan diledakkan oleh Ika Puspitasari," ujar dia.

Kendati begitu, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini pun tidak mengungkap daerah atau lokasi target dari 'pengantin' bom Ika. Diklaim dia terkait lokasi tengah didalami Densus. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Terorisme
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini