Mabes Polri: Ormas sweeping belum tentu zalim

Jumat, 20 Juli 2012 16:34 Reporter : Mustiana Lestari
Mabes Polri: Ormas sweeping belum tentu zalim Ormas-ormas melakukan unjuk rasa. http://merdeka.com

Merdeka.com - Mabes Polri sudah memperingatkan agar ormas-ormas tidak melakukan tindakan main hakim sendiri seperti melakukan sweeping minuman keras dan tempat hiburan menjelang bulan Ramadan. Selama ini, yang boleh melakukan teguran adalah polisi.

"Pada prinsipnya negara ini jangan kalah dengan kezaliman. Apakah mereka yang unjuk rasa, sweeping itu zalim, kami tidak bisa mengatakannya juga seperti itu. Tapi pada dasarnya tiap tindakan melanggar hukum tidak dibenarkan," kata Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Pol Agus Rianto di Divisi Humas Polri, Jakarta, Jumat (20/7).

Polri berjanji akan menindak tegas ormas-ormas yang melanggar ketertiban dan hukum. "Sesuai dengan bentuk pelanggarannya, bisa proses pidana atau dibubarkan apabila melakukan tindakan pidana. Kalau melanggar ketertiban umum kami lihat dulu ada unsur pidana atau tidak" jelas Agus.

Agus membantah jika Polri tidak melakukan komunikasi dengan ormas. Menurut Agus, pihak kepolisian telah beberapa kali melakukan dialog dengan ormas-ormas tersebut.

"Untuk dialog komunikasi pasti terus menerus dilakukan secara intensif, hanya saja ada hal menurut mereka mendesak untuk dilakukan hingga kesannya bahwa apa yang kami komunikasikan tidak berhasil," ujar Agus.

Menjelang Ramadan, banyak ormas melakukan sweeping. Seperti yang terjadi di Bandung. Massa laskar FPI Bandung Raya mendobrak gudang minuman keras yang terletak di kawasan Andir, Bandung. Meski ada polisi, tetapi aparat tersebut tak bisa berbuat apapun dan membiarkan aksi berlangsung. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Ramadan 2012
  2. Ormas
  3. Ormas Sweeping
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini