Mabes Polri: Aiptu LS ditangkap karena mangkir di Polda Papua

Sabtu, 18 Mei 2013 23:05 Reporter : Agib Tanjung
Mabes Polri: Aiptu LS ditangkap karena mangkir di Polda Papua Iptu Labora Sitorus. ©2013 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Mabes Polri menegaskan, penangkapan Aiptu Labora Sitorus merupakan upaya paksa karena diketahui yang bersangkutan berada di Jakarta. Labora mangkir dari panggilan pemeriksaan di Polda Papua.

"Sebelumnya dilakukan pemanggilan oleh tim penyidik di Papua, tapi yang bersangkutan belum berkesempatan hadir dan diketahui berada di Jakarta, sehingga proses dilakukan secara tuntas perlu dilakukan pemeriksaan pada malam hari ini," kata Karo Penmas Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (18/5) malam.

LS ditangkap di kompleks Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Jalan Tirtayasa, tepat di depan kantor Kompolnas, Jakarta Selatan, Sabtu sekitar pukul 20.00 WIB oleh tim penyidik badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) bersama Polda Papua.

"Penangkapan dilakukan di kompleks PTIK, saat ini yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. Hal ini terkait dengan proses penyidikan yang sudah berjalan terkait dugaan transaksi mencurigakan, penimbunan bahan bakar minyak (BBM) dan juga aktivitas pembalakan liar yang dilakukan perusahaan swasta PT SAW dan PT Rotua," papar Boy.

Dua perusahaan itu, lanjut dia, diduga kuat terkait dengan Aiptu LS. "Semua masih dalam proses pembuktian. Paling lambat besok petang diketahui informasi penahanan LS," ujar Boy.

Dijelaskan dia, sebagaimana acara hukum pidana tersebut terkait pelanggaran, penyidikan dilakukan 1 X 24 jam untuk melakukan pemeriksaan dan administrasi penyidikan serta melengkapi alat bukti yang diperlukan.

"Paling lambat besok petang tentang informasi penahanan. Upaya itu pertama pemanggilan, penggeledahan, penyitaan, penahanan itu upaya paksa," tandas Boy. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Rekening Gendut
  2. Polisi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini