MA minta publik hormati putusan sidang kasus Cebongan

Kamis, 5 September 2013 17:09 Reporter : Ahmad Baiquni
MA minta publik hormati putusan sidang kasus Cebongan Sidang kasus Lapas Cebongan. ©2013 Merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Mahkamah Agung (MA) menyatakan putusan sidang kasus penembakan di Lapas Cebongan tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Atas hal itu, MA meminta publik untuk dapat menghormati putusan tersebut.

"Hakim punya pertimbangan, putusan seperti ini telah dilakukan dengan mekanisme yang tepat, tentu tidak masuk independensi hakim. Tentunya semua pihak harus menghormati dan menerima proses ini," ujar Ketua Tim Pemantau Persidangan Kasus Cebongan dari MA Hakim Agung Gayus Lumbuun saat dihubungi di Jakarta, Kamis (5/9).

Gayus mengatakan, setiap putusan memang tidak dapat memenuhi rasa keadilan pada semua pihak. Sehingga, dia menyarankan pada pihak yang tidak puas untuk mengajukan banding.

"Sekarang, mari semua pihak yang merasa tidak adil dengan putusan ini, silakan mengajukan banding. Ini mekanisme terhadap substansi putusan," kata Gayus.

Lebih lanjut, Gayus menyatakan, putusan ini harus tetap dihormati karena telah melampaui proses persidangan panjang dan tidak melanggar aturan. "Apapun putusan tingkat pertama harus dihormati karena memasuki satu proses yang instrumennya terpenuhi," pungkas Gayus. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini