Lukas Enembe Temui Gubernur Jatim & Mahasiswa Papua Setelah Izin Presiden

Rabu, 28 Agustus 2019 14:18 Reporter : Nur Habibie
Lukas Enembe Temui Gubernur Jatim & Mahasiswa Papua Setelah Izin Presiden Mendagri Tjahjo Kumolo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Papua Lukas Enembe berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur. Kunjungan Lukas ke Surabaya pada Selasa (28/8) itu bertujuan menemui mahasiswa Papua yang sedang berada di Asrama Mahasiswa Papua.

Namun, tujuan dan niatan Lukas untuk menemui mahasiswa Papua pun kandas atau tak terwujudkan. Karena, saat itu dirinya telah ditolak masuk Asrama Mahasiswa Papua.

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, kedatangan Lukas ke Surabaya yang disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan. Sudah izin kepada dirinya terlebih dahulu.

"Sudah izin saya bahwa dia akan ketemu mahasiswa Papua, Gubernur Jawa Timur," kata Tjahjo di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, Rabu (28/8).

Tjahjo menjelaskan, Lukas meminta izin kepada dirinya usai bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

"Ada rapat di Jakarta dipanggil Presiden (Jokowi)" ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku kecewa ditolak masuk ke dalam Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya. Meski sempat diteriaki oleh penghuni asrama, dia menegaskan bumi Papua tetap bagian dari Indonesia.

Pernyataan Gubernur Lukas ini disampaikannya di Hotel Grand Dafam, tempatnya menginap didampingi oleh Gubernur Khofifah dan Kapolda Irjen Luki Hermawan.

Lukas menyatakan sudah mengutus stafnya untuk berkomunikasi dengan para mahasiswa Papua sebelum datang ke asrama. "Saya punya staf sejak kemarin di sini, baik Papua maupun Papua Barat," ujarnya, Selasa (27/8).

Tidak hanya para stafnya, dia menyebut orang tua dari para penghuni asrama tersebut juga sempat ada di Surabaya. Bahkan, ada orang tua yang berstatus sebagai anggota DPR, tapi tetap ditolak.

"Bahkan orang tua anak-anak ada di sini, orang tua anggota DPR, tapi tetap tidak mau keluar," tambahnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini