Luhut, Terawan dan MUI Bakal Terbang ke China Siapkan Vaksin Covid-19

Jumat, 2 Oktober 2020 17:26 Reporter : Merdeka
Luhut, Terawan dan MUI Bakal Terbang ke China Siapkan Vaksin Covid-19 Luhut Pandjaitan Bertemu Jusuf Kalla. ©2020 Humas Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Merdeka.com - Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi mengungkap, pertemuan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar. Dalam pertemuan itu, Luhut melaporkan kinerjanya sebagai bagian dari Satgas Covid-19.

"Baru saja berlangsung pertemuan penting, Pak Luhut melaporkan kepada wakil presiden tentang perkembangan vaksin, pak luhut didampingi menteri kesehatan dan juga didampingi direktur utama bio farma," tulis pria karib disapa Cak Duki ini lewat pesan singkat, Jumat (2/10).

Menurut laporan mereka, lanjut Masduki, vaksin akan datang pada bulan November. Karena itu ketiganya akan berangkat ke China untuk melakukan pengecekan terhadap vaksin yang akan dikirim ke Indonesia.

"Tahap pertama kira-kira itu akan datang sebanyak 3 juta vaksin tapi 3 juta ini diperuntunkan bagi tenaga-tenaga kesehatan, TNI-Polri, dan orang-orang yang selama ini berhadapan bertugas untuk menghadapi masyarakat terkait penanganan pandemi. Setelahnya akan datang bergelombang dengan jumlah banyak," ujarnya.

Terkait kehalalan vaksin yang akan didatangkan, Wapres Ma'ruf berpesan dua hal. Pertama, akan sangat baik saat vaksin terjamin kehalalannya. Kendati sebaliknya, Wapres Ma'ruf menilai hal itu tak menjadi masalah.

"Pak Wapres sampaikan, bagus kalau halal tidak ada problem, tetapi kalau misalnya tidak halal, tidak masalah, karena dalam kondisi darurat," jelas Masduki.

2 dari 2 halaman

Mengirim MUI ke China

Masduki menambahkan, dalam kunjungan memastikan vaksin ke China, MUI akan dilibatkan. Hal ini bertujuan sebagai proses verifikasi awal dengan tim fatwa dan LPPOM.

"Mereka akan ikut dalam tim kunjungan ke Beijing untuk memperoleh vaksin itu, tim fatwa dan tim LPPOM dilibatkan. Mereka akan memverifikasi apakah halal atau tidak, tapi itu tak akan menjadi hambatan," ungkap Masduki.

Menurut Masduki, Wapres Ma'ruf berpesan, tidak mempersoalkan kehalalan vaksin untuk saat ini. Karena dia ingin, semua berjalan lancar tanpa hambatan untuk kesehatan masyarakat.

"Maka jangan ada anggapan kemudian proses kehalalan vaksin itu akan menghambat, itu sama sekali tidak menghambat karena sekali lagi saya tegaskan kalah tidak halal itu juga darurat, tidak masalah," kata Masduki menyampaikan pesan Wapres Ma'ruf.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com

[fik]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini