Luhut Minta Jangan Ada Lagi Kerumunan dengan Alasan Apapun

Senin, 30 November 2020 21:34 Reporter : Anisyah Al Faqir
Luhut Minta Jangan Ada Lagi Kerumunan dengan Alasan Apapun Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Angka kasus baru Covid-19 di DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Bali terus meningkat signifikan. Peningkatan ini terjadi pasca libur panjang tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2020.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun meminta para kepala daerah untuk tidak mengizinkan masyarakat mengadakan acara berkumpul dalam jumlah besar. Hal tersebut disampaikan Luhut kepada para kepala daerah, Pangdam dan Kapolda dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 di DKI Jakarta dan Bali.

“Saya ingin kita semua bersepakat jangan ada kerumunan lagi dengan alasan apapun untuk beberapa waktu ke depan," kata Luhut di Jakarta, Senin (30/11).

Luhut juga meminta agar Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan saling mengecek ketersediaan obat yang ada di daerah. Dia tak ingin ada korban meninggal karena kelalaian petugas medis dalam mengecek persediaan obat.

Selain itu, dia juga meminta agar Kemenkes memastikan kapasitas ICU dan isolasi di RS mencukupi untuk perawatan pasien Covid-19. Khusus untuk wilayah Bali, Luhut meminta agar pemerintah daerah menambah fasilitas isolasi terpusat terutama di Tabanan. Dia ingin Bali mencontoh Wisma Atlet yang menjadi Rumah Sakit darurat untuk penanganan pasien Covid-19.

"Kalau di kabupaten, hotel tidak cukup ya geserlah, yang penting pisahkan secepatnya dari keluarga yang masih sehat,” kata dia.

Baca Selanjutnya: Evaluasi Pilkada...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini