Luhut Jelaskan Strategi Menurunkan Level PPKM Daerah Risiko Covid-19

Rabu, 21 Juli 2021 20:34 Reporter : Merdeka
Luhut Jelaskan Strategi Menurunkan Level PPKM Daerah Risiko Covid-19 Menko Luhut Pimpin Rapat Implementasi Energi Baru Terbarukan di Aceh. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar menjelaskan, parameter daerah yang masuk kategori level PPKM. Pemerintah sudah tidak lagi menggunakan istilah PPKM mikro atau PPKM darurat. Sebagai gantinya, pembatasan masyarakat diukur berdasarkan level 3-4.

"Kita menggunakan sejumlah indikator, seperti laju transmisi kasus, respons sistem kesehatan (tiap daerah) dan kondisi sosiologis masyarakat yang menjadi sangat penting," kata Luhut saat jumpa pers daring, Rabu (21/7).

Luhut memastikan, dalam lima hari ke depan testing dan tracing akan berjalan masif di daerah padat penduduk. Menurut Luhut, upaya itu dilakukan pemerintah sebagai perjuangan menurunkan tiap-tiap daerah yang masuk PPKM level 4.

Pada 26 Juli 2021, sejumlah daerah yang sudah bisa terkendali kasusnya maka kebijakan diterapkannya bisa diturunkan ke level 3.

"Pemerintah dalam waktu dekat akan melakukan testing, tracing di tempat padat penduduk. Kita mulai 1-2 hari ini kita lakukan secara masif," jelas Luhut.

Selain testing dan tracing, cara pemerintah menurunkan level PPKM adalah dengan vaksinasi. Artinya, kedua hal itu menjadi kebijakan paralel yang berjalan demi kelonggaran 26 Juli 2021.

"Kelonggaran tanggal 26 itu testing tracing dan vaksin itu akan berjalan paralel. Kita akan lakukan itu di aglomerasi seperti Jabodebek, Bandung, Solo Raya, Surabaya Malang raya, ada 7-8. Nah itu bgitu kita lakukan dan jika ada positif langsung karantina sehingga tingkat memburuk bisa diperkecil," tandas Luhut.

Reporter: M Radityo [ray]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini