Luhut Bantah Ada Lahan Milik Prabowo di Ibu kota Baru

Kamis, 29 Agustus 2019 16:58 Reporter : Arie Sunaryo
Luhut Bantah Ada Lahan Milik Prabowo di Ibu kota Baru Luhut saat meninjau lahan di Solo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memastikan tidak ada lahan milik Prabowo Subianto di lokasi ibu kota baru, baik di Kabupaten Penajam Paser Utara maupun Kutai Kertanegara.

Menurut dia, lokasi lahan milik Ketua Umum Partai Gerindra tersebut berada jauh dari ibu kota baru. Semua lahan yang akan digunakan untuk lokasi pemindahan ibu kota baru telah dinilai secara matang oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

"Enggak ada, jauh dari situ. Presiden itu kan selalu berangkat dengan studi. Studinya sudah dilakukan secara komprehensif oleh Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Ya kita tunggu saja, Presiden kan tinggal memerintahkan, coba ini distudi, layak atau enggak. Kalau iya bagaimana, legalnya gimana, pendanaan dari mana dan seterusnya," ujar Luhut di Solo, Kamis (29/8).

Menurut Luhut, semua kebutuhan ibu kota baru juga sudah dinilai oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Sehingga bisa dipastikan bahwa lahan bakal ibu kota tersebut tidak dimiliki perorangan.

"Semua sudah dinilai ATR, mereka yang paling tahu. Saya kira bagus itu. Setahu saya ndak ada yang dikuasai oleh perorangan," tegasnya.

Sebelumnya, nama Prabowo Subianto dikaitkan dengan pemindahan ibu kota yang baru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Prabowo disebut-sebut memiliki lahan di sana. Kabar adanya lahan Prabowo di lokasi tersebut diungkapkan mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan dalam laman pribadinya disway.id. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini