Lubang Galian Tambang Batu Bara di Kalsel Tertutup Lumpur, Sejumlah Orang Terjebak

Senin, 25 Januari 2021 17:19 Reporter : Saud Rosadi
Lubang Galian Tambang Batu Bara di Kalsel Tertutup Lumpur, Sejumlah Orang Terjebak Ilustrasi tambang mineral. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kecelakaan kerja terjadi di area tambang batu bara, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Dalam kejadian tersebut, dikabarkan 22 orang terjebak lumpur di lubang galian tambang, menyusul jebolnya kolam sekitar tambang, Minggu (24/1). Dari jumlah tersebut, dua belas berhasil selamat dan sisanya masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Peristiwa kecelakaan kerja di pertambangan itu terjadi sekira pukul 14.30 WITA, di KM 33 Desa Mantawakan Mulya, Kecamatan Mantewe, Tanah Bumbu.

"Jebolnya tanggul penampungan air mengakibatkan masuknya air dan lumpur ke dalam lubang galian tambang batu bara," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol M Rifai dikonfirmasi merdeka.com, Senin (25/1).

Rifai menerangkan, pasca-kejadian jebolnya tanggul, awalnya ada 22 orang terjebak di dalam lubang. Sekitar satu jam kemudian, lima orang berhasil menyelamatkan diri.

"Korban selamat, kemudian memberikan informasi kepada rekan pekerja lain yang ada di mess PT CAS, bahwa rekan lainnya yang bersama-sama dia saat kejadian, dan terjebak di lubang itu masih ada 17 orang," ujar Rifai.

Kemudian korban selamat bertambah menjadi 12 orang. "Pada Minggu (24/1) malam sekitar jam 11.30, ada tujuh orang yang berhasil dievakuasi keluar lubang galian tambang, dalam kondisi sehat dan selamat," terang Rifai.

Proses pencarian dan evakuasi korban yang terjebak terus dilakukan tim SAR gabungan, setelah sempat terhenti sementara dini hari tadi.

"Sekitar jam 2.15 dini hari tadi, kegiatan evakuasi dan pencarian korban kecelakaan kerja PT CAS dihentikan sementara, menunggu mesin penyedot air. Informasi ini terus berkembang," demikian Rifai. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tambang
  3. Kecelakaan Kerja
  4. Samarinda
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini