LRT sering mogok, Kemenhub minta maaf dan bakal siapkan posko

Selasa, 14 Agustus 2018 04:27 Reporter : Irwanto
LRT sering mogok, Kemenhub minta maaf dan bakal siapkan posko LRT Palembang mogok lagi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan permintaan maaf atas mogoknya Light Rail Transit (LRT) Palembang untuk ketiga kalinya. Kemenhub akan menyiapkan posko di setiap stasiun untuk mengantisipasi kejadian itu terulang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zukfikri mengungkapkan, mogoknya kereta ringan yang diproyeksikan untuk pelaksanaan Asian Games 2018 itu karena beberapa faktor. Mulai dari sensor pintu, Vihicle Display Unit (VDU) yang tidak dapat membaca posisi kereta, hingga terlepasnya kabel CCD di bawah kereta yang membuat aliran listrik terputus.

"Pemerintah menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya. Kejadian itu membuat ketidaknyamanan," ungkap Zulfikri di Palembang, Senin (13/8).

lrt palembang mogok lagi

LRT Palembang mogok lagi ©2018 Merdeka.com

Dia meminta masyarakat tetap mendukung proyek hasil anak bangsa itu karena merupakan sebuah kesuksesan. Apalagi, LRT ini menjadi yang pertama di Indonesia dan baru diujicobakan operasionalnya.

"Akan kita evaluasi apapun yang terjadi dalam operasionalnya sehingga performa bisa ditingkatkan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang lagi, pihaknya akan menyiapkan posko di setiap stasiun. Posko ini diisi tenaga profesional mulai dari PT KAI, PT INKA, dan PT LEN.

"Nanti di posko itu disiapkan sparepart LRT, cepat ditangani jika terjadi kerusakan," kata dia.

Direktur Utama PT INKA Budi mengatakan, pihaknya memberikan jaminan asuransi selama empat tahun sebagai penanggung jawab dan produsen LRT Palembang.

"Untuk kerusakan tidak ada hanya karena teknis. Tapi tetap dalam pemeliharaan kami selama empat tahun," katanya. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini