LP Khusus Narkoba Terbesar Dibangun di Sawahlunto

Jumat, 18 Januari 2008 22:06 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Lembaga Pemasyarakatan (LP) khusus narkoba terbesar akan dibangun di Sawahlunto, Sumbar, pada 2008 dengan kapasitas mencapai 800 orang penghuni tahanan atau narapidana.

"Ini akan menjadi LP khusus narkoba terbesar di Indonesia. Di Jakarta LP khusus ini hanya berkapasitas 600 orang penghuni," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kehakiman dan HAM Sumbar, Budi Sulaksa di Padang, Jumat.

Menurut dia, pembangunan LP khusus itu dimulai tahun 2008 dengan dana awal tersedia Rp5 miliar dari Departemen Kehakiman dan HAM RI.

Ia menyebutkan, pembangunan dilaksanakan pada lahan seluas 12 hektar yang telah tersedia.

Setelah rampung pembangunannya, LP ini selain terbesar juga menjadi proyek percontohan di Indonesia, tambahnya.

Ia menjelaskan, LP akan terdiri dua blok penjara ukuran besar yang memisahkan para narapidana pemakai narkoba dengan pengedar atau produsen.

Jadi, nanti antara pemakai dan pengedar atau produsen dipisah blok tahanannya, sebagai upaya memutus mata rantai perdagangan narkoba, katanya.

Dengan pemisahan ini, pengedar akan kehilangan pangsa pasar dan pemakai tidak lagi mendapat pasokan.

Selain itu, fasilitas umum untuk dua golongan narapidana itu juga terpisah, seperti tempat ibadah dan tempat bezuk.

Pemisahan ini, karena pengalaman di LP-LP lain diketahui tempat ibadah dan tempat bezuk dijadikan lokasi bertemu narapidana pemakai dengan pengedar narkoba, katanya.

Pertemuan-pertemuan ini diduga menyebabkan pemakai kembali mendapat pasokan atau sebaliknya pengedar mendapat pangsa pasarnya lagi.

Kondisi ini yang akan dipisahkan pada LP khusus tersebut, katanya.

Kegiatan pembinaan di LP itu, diarahkan untuk terapi dan rehabilitas bagi narapidana pemakai narkoba, sedangkan narapidana pengedar diberikan pelatihan usaha agar setelah keluar mendapat pekerjaan lebih baik, tambahnya.

Anggota Komisi I Bidang Hukum DPRD Sumbar, H Rasmi Soeki mengharapkan pembangunan LP khusus itu segera dilaksanakan, karena telah mendesak dibutuhkan.

Lahannya sudah tersedia, begitu pula dana karena itu diharapkan segera dimulai pembangunannya, tambahnya.(*/rsd)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini